[HASIL RISET] Virus Corona Ternyata Bisa Sebabkan Diabetes, Ini Penjelasannya  

Ilustrasi pemeriksaan kadar gula darah. (Oscar Lopera Martos / EyeEm / Getty Images)
Ilustrasi pemeriksaan kadar gula darah. (Oscar Lopera Martos / EyeEm / Getty Images)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Virus corona ternyata bisa sebabkan diabetes pada orang yang terinfeksi. Penelitian terbaru menduga virus corona mengacaukan sel-sel penghasil insulin di pankreas.

Hubungan antara Covid-19 dan diabetes kurang dipahami dan para ilmuwan belum memiliki jawaban yang pasti.

Tetapi ketika pandemi berlanjut, semakin banyak laporan menunjukkan bahwa orang yang tertular Covid-19 mengalami gejala diabetes untuk pertama kalinya. Terlalu dini untuk mengatakan apakah kondisinya permanen.

“Jelas ada hubungan, ada semacam mekanisme yang membuat penyakit saling memicu,” kata Francesco Rubino, ketua bedah metabolik di King’s College London, kepada Business Insider, sebagaimana dikutip Suryakepri.com, Senin (11/10/2021).

“Pertanyaannya adalah apakah diabetes onset baru dapat disebabkan oleh virus ini?”

BACA JUGA:

Diabetes adalah kelebihan gula darah, yang disebabkan ketika tubuh tidak memproduksi cukup insulin, hormon yang menurunkan gula darah, atau menjadi resisten terhadapnya.

Menurut para ilmuwan, satu teori adalah bahwa tubuh dapat membingungkan sel pankreas terhadap virus corona, dan mencoba menghancurkannya. Ini akan mengganggu suplai insulin dan menyebabkan diabetes.

Tetapi penelitian menunjukkan sesuatu yang lain bisa terjadi: virus mungkin mengubah pankreas, mendorongnya untuk menghancurkan dirinya sendiri.

Kerusakan Pankreas

Ciri khas diabetes yang terlihat setelah Covid-19 adalah kadar gula darah yang sangat tinggi yang dihasilkan tubuh.

Ini, pada gilirannya, membutuhkan insulin dosis tinggi untuk melawan, kata Shiubing Chen, seorang peneliti di Departemen Bedah, Weill Cornell Medicine, kepada Insider.

“Ini menunjukkan mungkin ada beberapa kerusakan akut pada pankreas,” kata Chen.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.