Thursday, April 18, 2024
HomeHealthTips Menenangkan Si Kecil Saat Sedang Rewel, Tanpa Harus Diberikan Gadget

Tips Menenangkan Si Kecil Saat Sedang Rewel, Tanpa Harus Diberikan Gadget

Editor: Redaksi

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Memberi gadget saat anak rewel memang bisa membuatnya teralihkan dan tenang dengan cepat. Namun, dalam jangka panjang, ini justru bisa berdampak buruk bagi tumbuh kembang Si Kecil, lho. Yuk, simak cara menghadapi anak yang rewel tanpa harus memberi gadget di sini.

Kebiasaan memberi gadget setiap kali Si Kecil rewel atau tantrum berisiko menyebabkannya menjadi kecanduan gadget. Nah, hal inilah yang kemudian dapat mengganggu perkembangan fisik, emosional, dan sosial Si Kecil.

Baca juga: Pasangan Suami Istri di AS Ditangkap Atas Menjual Informasi Seputar Kapal Perang Nuklir

Menurut penelitian, anak yang kecanduan gadget memiliki risiko lebih tinggi mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Pasalnya, kebiasaan bermain gadget terlalu lama bisa membuat anak menjadi malas untuk bergerak dan melakukan berbagai aktivitas fisik.

Terlalu banyak bermain gadget juga bisa membuat anak sulit tidur atau insomnia. Ini karena sinar biru dari layar gadget bisa menghambat pelepasan hormon yang memicu rasa kantuk. Bila Si Kecil kurang tidur di malam hari, ia justru akan lebih berisiko untuk mengalami tantrum atau rewel di siang harinya, Bun.

Selain itu, kecanduan gadget juga bisa menyebabkan Si Kecil malas berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarnya. Screen time yang berlebihan juga bisa membuat anak menjadi terlambat berbicara, sulit bergaul dengan orang lain, kurang empati, dan memiliki kecerdasan emosional (EQ) yang lebih rendah.

Baca juga:Per 9 Oktober, Total 45 Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 di PON XX Papua

Cara Menghadapi Anak Yang Rewel Tanpa Memberi Gadget

Apabila Si Kecil sedang rewel, jangan langsung memberikannya gadget agar ia bisa tenang. Justru pada saat seperti ini, orangtua perlu memberikannya perhatian lebih dan penjelasan yang baik agar ia bisa menenangkan diri.

Bunda dan Ayah juga bisa mencoba beberapa tips berikut ini untuk menenangkan Si Kecil yang sedang rewel:

1. Tenangkan anak dengan sabar

Tak bisa dipungkiri, saat anak rewel atau tantrum kadang memang bisa membuat kesal, ya Bun, apalagi ketika situasinya tidak tepat, seperti saat berada di keramaian. Kendati demikian, Bunda dan Ayah harus tetap sabar menghadapinya, ya.

Hindari marah-marah atau berteriak kepada Si Kecil, karena hal ini hanya akan membuatnya semakin rewel. Sebaliknya, bila Bunda menghadapinya dengan sabar, Si Kecil yang rewel mungkin akan lebih mudah ditenangkan.

Baca juga: [ADA VIDEO] Kalahkan Spanyol 2-1, Prancis Juara Uefa Nations League; Gol Cantik Benzema dan Penebusan Mbappe

2. Ajak anak ke tempat yang lebih sepi

Sebagian orang tua mungkin akan segera memberi gadget kepada anaknnya ketika ia rewel atau mengamuk di tempat ramai. Nah, ini sebaiknya hindari, ya Bun. Daripada memberinya gadget, cobalah ajak Si Kecil ke tempat yang lebih tenang dan sepi, misalnya taman, agar ia bisa lebih mudah menenangkan diri.

Setelah itu, jelaskan situasi kepada Si Kecil bahwa jika ia rewel di tempat umum, maka hal tersebut bisa saja mengganggu orang lain dan itu bukanlah hal yang sopan. Kemudian, berikanlah sentuhan atau pelukan hangat untuk menenangkannya.

Namun, jika setelah melakukan hal-hal di atas Si Kecil masih terus rewel, sebaiknya Bunda segera membawanya pulang ke rumah.

3. Cari tahu keinginan anak

Ketika Si Kecil rewel, hal ini mungkin menjadi salah satu caranya untuk mengomunikasikan keinginannya yang tidak terpenuhi. Oleh sebab itu, jika ia sedang rewel, Bunda bisa langsung saja berikan pertanyaan kepadanya, seperti “kamu mau apa?” atau “kamu masih lapar, ya?”.

Si Kecil mungkin akan mengangguk, menggeleng, atau menunjuk hal yang ia inginkan untuk menjawab pertanyaan Bunda. Dengan mengetahui keinginannya, Bunda bisa menghadapi Si Kecil yang rewel dengan lebih mudah, tanpa harus memberikannya gadget.

Akan tetapi, jika ia meminta untuk bermain gadget, cobalah untuk tidak langsung menuruti keinginannya dan ajaklah ia untuk melakukan kegiatan lain, seperti berjalan-jalan atau pergi ke toko mainan.

Baca juga: Ketua KPK Janji Usut Kabar 8 Pegawai KPK  ‘Orang Dalam’ Azis Syamsuddin

4. Ganti gadget dengan buku

Bun, ada banyak sekali manfaat membaca buku bagi anak, lho. Mulai dari memperkenalkan kosakata, melatih konsentrasi dan daya ingat, hingga melatih kemampuan berkomunikasi Si Kecil.

Jadi, daripada memberikan gadget untuk mendiamkan anak yang rewel, lebih baik Bunda mengajaknya untuk membaca buku. Hal ini bermanfaat untuk mengalihkan perhatian Si Kecil yang sedang rewel sekaligus melatihnya menyukai buku sejak dini.

Walau menghadapi anak rewel dengan cara-cara di atas memang tidak semudah memberikan gadget, tetapi Bunda dan Ayah tetap perlu melakukannya agar Si Kecil bisa terhindar dari risiko kecanduan gadget, ya.

Bila Si Kecil masih sulit ditenangkan ketika ia sedang rewel atau tantrum, terlebih jika ia sudah terbiasa merengek meminta bermain gadget saat sedang rewel, Bunda bisa berkonsultasi dengan psikolog terkait hal ini. Dengan begitu, psikolog bisa memberi saran terbaik untuk menghadapi emosi Si Kecil tanpa harus memberikannya gadget. (*)

Sumber: alodokter.com

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER