Toilet Pribadi Mewah Berusia 2.700 Tahun Ditemukan di Yerusalem, Dilengkapi Penyegar Udara

Sebuah toilet pribadi mewah berusia 2.700 tahun ditemukan di Yerusalem, dan para peneliti mengatakan toilet itu mungkin dilengkapi dengan penyegar udara. (Foto: Times of Israel)
Sebuah toilet pribadi mewah berusia 2.700 tahun ditemukan di Yerusalem, dan para peneliti mengatakan toilet itu mungkin dilengkapi dengan penyegar udara. (Foto: Times of Israel)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

YERUSALEM, SURYAKEPRI.COM – Sebuah toilet pribadi mewah berusia 2.700 tahun yang “sangat langka” ditemukan di Yerusalem. Para peneliti mengatakan toilet itu mungkin dilengkapi dengan penyegar udara.

Menurut Otoritas Barang Antik Israel, penemuan itu saat penggalian arkeologi di Yerusalem.

Times of Israel melaporkan bahwa bilik toilet, yang diukir pada batu kapur, ditemukan oleh para arkeolog Israel di lingkungan Armon HaNetziv di Yerusalem Timur. Lokasi itu berada  dekat situs di mana Abraham hampir mengorbankan putranya Ishak, sebagaimana kisah dalam Alkitab Ibrani.

Menurut para peneliti, toilet seperti ini akan menjadi kemewahan yang disediakan untuk orang kaya pada saat itu.

BACA JUGA:

“Sebuah bilik toilet pribadi sangat langka di zaman kuno, dan hanya sedikit yang ditemukan hingga saat ini, kebanyakan di Kota Daud,” kata Yaakov Billig, direktur penggalian Otoritas Barang Antik Israel.

“Faktanya, hanya orang kaya yang mampu membeli toilet.”

Billig mengatakan dalam sebuah video bahwa “kursi toilet” kuno, yang diukir di batu, adalah “penemuan yang sangat langka.”

Ha’aretz melaporkan bahwa, di bawah dudukan toilet, ada tangki septik. Itu tidak terhubung ke sistem pembuangan limbah.

Media itu mengatakan, kemungkinan besar “isinya” akan dikosongkan secara berkala oleh pelayan.

Menurut Majalah Smithsonian, kemungkinan 30 hingga 40 mangkuk yang ditemukan di sekitarnya adalah penyegar udara kuno.  Mangkuk-mangkuk itu mungkin menyimpan minyak aromatik atau dupa, kata outlet media itu.

Para arkeolog sebelumnya telah menemukan beberapa toilet lain di Yerusalem, termasuk yang ditemukan pada tahun 2016, yang mungkin dengan sengaja digunakan untuk menodai sebuah kuil pagan.(*)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.