Wow… Planet Mars Pernah Dilanda Banjir Bandang, Ini Buktinya!

Wahana Perseverance menemukan jejak banjir bandang signifikan berupa batu-batuan yang diyakini terbawa banjir ke Kawah Jezero, Mars. (Foto: NASA)
Wahana Perseverance menemukan jejak banjir bandang signifikan berupa batu-batuan yang diyakini terbawa banjir ke Kawah Jezero, Mars. (Foto: NASA)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Planet Mars pernah dilanda banjir bandang. Wahana penjelajah NASA, Perseverance Rover menemukan bukti sisa-sisa kejadian itu di Kawah Jezero, daerah yang menurut para ilmuwan mungkin memegang kunci kehidupan Mars kuno.

Disebutkan bahwa banjir bandang “signifikan” itu mengukir lanskap menjadi gurun berbatu yang kita lihat hari ini.

Tim mengatakan mereka mendasarkan temuan mereka pada gambar yang diambil penjelajah dari sedimen yang terkumpul di ujung sungai kuno yang bermuara ke danau di dalam Kawah Jezero.

Foto-foto yang diambil saat pendaratan pada 18 Februari 2021 dan diterbitkan pada Kamis (7/10/2021), menunjukkan bahwa miliaran tahun yang lalu, Mars memiliki atmosfer tebal yang dapat mendukung sejumlah besar air.

BACA JUGA:

Sedimen yang terlihat dalam gambar menunjukkan delta sungai yang sekarang tandus yang mengalami “peristiwa banjir tahap akhir” yang airnya membawa batu-batu besar dan puing-puing dari dataran tinggi Mars ke tepi kawah.

“Belum pernah ada stratigrafi yang terpelihara dengan baik seperti itu terlihat di Mars,” kata penulis utama Nicolas Mangold dari Laboratoire de Planétologie et Géodynamique.

“Ini adalah pengamatan kunci yang memungkinkan kami untuk sekali dan untuk semua mengkonfirmasi keberadaan delta danau dan sungai di Jezero. Mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang hidrologi berbulan-bulan sebelum kedatangan kami di delta akan membayar dividen besar ke bawah.”

Tim NASA, menurut siaran pers mereka, “sudah lama berencana mengunjungi delta” yang mengarah ke Kawah Jezero karena berpotensi mengandung fosil kehidupan mikroba purba.

Gambar yang dikumpulkan telah memberi para ilmuwan informasi di mana mereka dapat menemukan sampel batuan terbaik untuk menemukan jejak kehidupan yang mungkin pernah ada di Mars, yang diharapkan para ilmuwan dapat dibawa kembali ke Bumi untuk dianalisis dengan peralatan laboratorium yang lebih kuat.

Bukti begitu banyak air purba membawa harapan bagi para ilmuwan.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.