Wakil Ketua DPR RI Usulkan ke OJK Agar Kredit Macet Di Bawah Rp 10 Juta Diputihkan

Editor: Redaksi

OJK membekukan izin Pracico Multi Finance dan mencabut pembekuan izin usaha Wannamas Multi Finance . (kabar24)
Ilustrasi layanan OJK.
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel mengusulkan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar kredit macet atau kredit bermasalah sektor mikro di bawah Rp 10 juta diputihkan. Tujuannya, untuk meringankan beban pengusaha kecil.

“Setiap bertemu rakyat, itu yang dikeluhkan. Akibat pandemi Covid-19 ini banyak usaha yang tutup, sehingga tak bisa bayar pinjaman,” ungkap Gobel dalam keterangan resmi, Rabu (13/10).

Baca juga: Negara Kaya Egois, Covax Lelet, Negara-negara berkembang Beralih ke Vaksin Buatan Sendiri  

Gobel menjelaskan kredit macet itu membuat petani dan pelaku usaha mikro sulit mendapatkan fasilitas kredit usaha rakyat (KUR) lantaran masuk dalam daftar Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK).

SLIK merupakan pengganti istilah BI checking di OJK. Diketahui, pengawasan perbankan kini berada di OJK, bukan lagi di BI.

Menurut Gobel, banyak pelaku usaha mikro yang masuk dalam SLIK. Hal ini membuat mereka tak bisa lagi mendapatkan pinjaman dari perbankan.

“Dalam kondisi begitu, mereka lari ke rentenir dan pinjaman online (pinjol) ilegal yang bunganya sangat mencekik. Mereka jadi semakin miskin,” ujar Gobel.

Baca juga: Media Inggris Soroti Pembukaan Kembali Bali: Tolak Turis Backpackers? Lalu?

Ia menegaskan bahwa pemerintah harus ada solusi nyata untuk menghapus kemiskinan di dalam negeri. Selain itu, pemerintah juga harus mendorong agar UMKM bisa bertahan di tengah pandemi.

“UMKM harus kuat, karena UMKM itu menyerap tenaga kerja yang besar dan juga pondasi ekonomi nasional,” terang dia.

Ia juga mengingatkan agar perbankan melakukan pembinaan kepada UMKM. Tujuannya, agar usaha UMKM semakin sehat dan kualitas produk yang dihasilkan meningkat.

“Jadi jangan hanya memberikan kredit, tapi juga membina skill mereka,” imbuh Gobel.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.