MISI TERPANJANG: Shenzhou-13 China Berlabuh di Stasiun Luar Angkasa Tiangong

Astronot Ye Guangfu, Zhai Zhigang dan Wang Yaping melambai saat upacara sebelum peluncuran roket Long March-2F Y13, yang membawa pesawat ruang angkasa Shenzhou-13 pada Jumat malam [Carlos Garcia Rawlins/Reuters]
Astronot Ye Guangfu, Zhai Zhigang dan Wang Yaping melambai saat upacara sebelum peluncuran roket Long March-2F Y13, yang membawa pesawat ruang angkasa Shenzhou-13 pada Jumat malam [Carlos Garcia Rawlins/Reuters]
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Tiga taikonaut meluncur tak lama setelah tengah malam dari pusat peluncuran Jiuquan di gurun Gobi, China barat laut, Sabtu (16/10/2021).

Tiga taikonaut China berhasil merapat ke stasiun ruang angkasa baru milik China, kata media pemerintah, tentang apa yang akan menjadi misi awak terpanjang Beijing hingga saat ini dan tengara terbaru dalam upayanya untuk menjadi kekuatan utama luar angkasa.

Ketiganya meluncur tak lama setelah tengah malam pada Sabtu (16:00 GMT Jumat) dari pusat peluncuran Jiuquan di gurun Gobi China barat laut, kata kantor berita pemerintah Xinhua, dengan tim diperkirakan akan menghabiskan enam bulan di stasiun luar angkasa Tiangong.

Menurut Xinhua, setelah peluncuran, Badan Antariksa Berawak China menyatakannya sukses dan mengatakan bahwa anggota kru “dalam kondisi baik”.

Pesawat Shenzhou-13 yang membawa ketiga astronot berlabuh beberapa jam kemudian di pelabuhan radial stasiun luar angkasa, tulis Xinhua dalam berita singkat pada Sabtu pagi.

BACA JUGA:

Misi – dua kali lebih lama dari 90 hari pendahulunya – akan menyiapkan peralatan dan teknologi uji untuk konstruksi masa depan di stasiun Tiangong.

Komandan misi Zhai Zhigang (55), mantan pilot pesawat tempur yang melakukan perjalanan luar angkasa pertama di negara itu pada 2008, mengatakan bahwa tim akan melakukan perjalanan luar angkasa yang “lebih kompleks” daripada misi sebelumnya.

Tim astronot, termasuk pilot militer Wang Yaping (41), untuk kedua kalinya mengunjungi stasiun luar angkasa, setelah sebelumnya dia menjadi wanita pertama melakukannya pada 2013.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.