Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan

Editor: Redaksi

Cuka apel. (Foto: Pixabay)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Manfaat cuka apel telah lama dipercaya baik untuk kesehatan, mulai dari menurunkan berat badan hingga mengatasi berbagai masalah kulit. Meski demikian, cuka apel dapat menimbulkan efek samping bila dikonsumsi secara berlebihan atau dengan cara yang salah.

Cuka apel berasal dari ekstrak buah apel yang telah melalui proses fermentasi dengan bantuan bakteri dan ragi. Karena memiliki rasa yang asam, cuka apel biasanya dicampur dengan makanan lain, seperti salad, sup, dan mayones, untuk menambah cita rasa.

Cuka apel juga diketahui mengandung beragam nutrisi yang menyerupai kandungan nutrisi dalam jus apel, seperti pektin, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, dan asam folat. Tak hanya itu, cuka apel juga mengandung asam asetat, asam amino, kalium, dan antioksidan.

Baca juga: Tidak Nyaman dan Terasa Nyeri Akibat Gusi Bengkak, Ini 6 Tips Mengatasinya

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan Tubuh

1. Menurunkan berat badan

Cuka apel cukup populer dikonsumsi sebagai salah satu cara alami untuk menurunkan berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi cuka apel dapat meningkatkan proses pembakaran lemak sekaligus memberikan efek kenyang lebih lama.

Namun, efektivitas cuka apel yang satu ini masih belum diketahui secara pasti. Tak hanya itu, konsumsi cuka apel untuk menurunkan berat badan juga dinilai tidak memberikan efek signifikan dibandingkan dengan diet sehat yang disertai olahraga.

2. Menjaga kesehatan jantung

Studi menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dan asam asetat di dalam cuka apel mampu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah serta mencegah tekanan darah tinggi.

Kombinasi manfaat tersebut menjadikan cuka apel bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah berbagai penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

Meski demikian, studi tersebut juga masih terbatas pada uji coba di laboratorium. Oleh karena itu, efektivitas dan keamanan konsumsi cuka apel untuk menjaga kesehatan jantung masih perlu diteliti lebih lanjut.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.