Warnanya yang Cantik, Ini Segudang Manfaat Jagung Ungu Bagi Kesehatan

Editor: Redaksi

Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

Selain itu, antosianin dalam jagung ungu juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi, melawan stres oksidatif, dan kadar klesterol, yang menjadi faktor utama penyebab penyakit jantung.

3. Mencegah penyakit kanker

Senyawa antikanker yang terkandung dalam jagung ungu diduga dapat mencegah beragam penyakit kanker, seperti kanker kulit, kanker payudara, kanker usus besar, kanker hati, dan kanker paru-paru.

Selain antikanker, flavonoid dan antosianin dalam jagung ungu juga berfungsi sebagai antiangiogenesis yang dapat mencegah perkembangan sel kanker (metastasis) dalam tubuh.

4. Mencegah dan mengatasi obesitas

Lapisan berpigmen pada biji jagung ungu mengandung antosianin yang diduga efektif dalam menurunkan berat badan dan mengatasi obesitas. Selain itu, antosianin juga memiliki sifat antiobesitas, yang dapat mencegah penumpukan lemak dalam tubuh.

5. Mengontrol tekanan darah

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak jagung ungu dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolilk pada penderita hipertensi, tanpa memandang usia, jenis kelamin, indeks massa tubuh, atau tekanan darah awal.

Namun, khasiat jagung ungu untuk menurunkan atau mengontrol tekanan darah ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Nutrisi dan antioksidan di dalam jagung ungu tidak perlu diragukan lagi. Untuk mendapatkan beragam manfaat jagung ungu seperti yang telah disebutkan di atas, Anda dapat mengonsumsinya dengan cara dikukus, direbus, ataupun diolah menjadi hidangan tertentu.

Namun, sebaiknya Anda tetap membatasi konsumsi jagung ungu dan mengimbanginya dengan konsumsi makanan bergizi lainnya. Pastikan Anda juga menerapkan pola hidup sehat dengan mencukupi asupan cairan, istirahat cukup, serta olahraga teratur untuk menjaga kesehatan.

Sumber: alodokter.com

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.