Roehana Koeddoes atau Rohana Kudus Tampil Google Doodle Hari Ini

Editor: Redaksi

Roehana Koeddoes atau Rohana Kudus.

SURYAKEPRI.COM – Tampilan situs pencarian Google, Senin 8 November 2021, dihiasi oleh ilustrasi doodle wajah sosok perempuan yang mengenakan kerudung khas Sumatera Barat. Perempuan yang dipilih sebagai Google Doodle itu adalah putri kelahiran Kabupaten Agam. Beliau adalah Siti Rohana atau yang akrab disapa Roehana Koeddoes atau Rohana Kudus.

Tepat dua tahun yang lalu, pada tanggal yang sama, Roehana Koeddoes diumumkan sebagai salah satu Pahlawan Nasional asal Kabupaten Agam oleh Presiden Joko Widodo. Penetapan perempuan pejuang kelahiran Nagari Koto Gadang, Kecamatan IV Koto, 137 tahun silam itu tertuang dalam Surat Menteri Sosial RI nomor: 23/MS/A/09/2019.

Baca juga: Ini Kata Kementerian Kesehatan Malaysia Terkait Temuan Kasus Varian Delta AY.4.2

Rohana merupakan anak pasangan Mohamad Rasjad Maharadja Soetan dan Kiam. Lahir pada 20 Desember 1884 di Koto Gadang. Rohana Kudus merupakan kakak tiri dari Sutan Sjahrir, Perdana Menteri Indonesia pertama. Ia juga Mak Tuo dari penyair kondang Chairil Anwar serta sepupu KH Agus Salim.

Rohana tumbuh dalam keluarga modern yang gemar membaca. Sejak belia, ia memiliki banyak kesempatan untuk mengakses bahan bacaan milik ayahnya, baik buku, majalah maupun surat kabar.

Pada 10 Juli 1912, Rohana mendirikan surat kabar khusus perempuan, Soenting Melajoe. Dibantu oleh Soetan Maharadja yang saat itu menjabat sebagai pemimpin redaksi surat kabar Oetoesan Melajoe serta seorang redaktur pelaksana di Padang, Rohana memimpin surat kabar tersebut dari Bukittinggi.