UKM Bertanggungjawab Daftarkan Pekerja sebagai Peserta BP Jamsostek

Editor : Sudianto Pane

Foto ist
Foto ist
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

TANJUNGPINANG, SURYAKEPRI.COM – Sebanyak 100 pelaku Usaha Kecil Mikro (UKM) di Tanjungpinang ikuti pelatihan dan sosialisasi program jaminan sosial ketenagakerjaan yang ditaja Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Bpjamsostek) cabang Tanjungpinang.

Kepala Bidang (Kabid) Kepesertaan Bpjamsostek Tanjungpinang, Wahyu Wibowo mengatakan sosialisasi program jaminan sosial ketenagakerjaan untuk pelaku Usaha Kecil Mikro (UKM) sangat diperlukan. Wajib diketahui jaminan sosial itu tidak hanya berlaku pada pekerja di perusahaan saja, melainkan juga untuk pelaku UKM.

“Seluruh orang yang bekerja berhak mendapat perlindungan Bpjamsostek,” kata Wahyu, Rabu (10/11/2021).

Dijelaskan Wahyu, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Mikro selama dua hari pada pelatihan dan sosialisasi itu. Dan diikuti sebanyak 100 orang pelaku UKM yang ada di Tanjungpinang.

.Baca : Tempat Karantina Terpadu Covid-19 di Tanjungpinang mulai Berkurang

.Baca : Pemko Tanjungpinang Salurkan Program Bantuan dari Kemensos RI

Materi yang disampaikan kepada pelaku usaha tentunya program-program yang dimiliki Bpjamsostek, mulai dari Jaminan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, beasiswa untuk anak dan beberapa program lainnya.

“Iuran yang dikenakan juga sangat kecil. Masyarakat sudah bisa menikmati semua program yang ada,” ujar Wahyu.

Sekarang ini, disebutkan Wahyu, di Tanjungpinang, jumlah kepesertaan pelaku UKM cukup banyak, mencapai 20%. Dengan jumlah tersebut, sangat penting pemahaman itu diketahui pelaku UKM untuk mendaftarkan pekerjanya.

“Kami ingin seluruh pekerja UKM ini bekerja dengan aman dan nyaman serta dilindungi Bpjamsostek,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Mikro Kota Tanjungpinang, Hamalis mengatakan semua pekerja UKM memang sudah harus masuk sebagai peserta Bpjamsostek karena begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan.

“Ada jaminan kematian dan jaminan kecelakaan kerja, anggap saja itu sebagai tabungan,” tutur Hamalis.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.