Tuai Kritik, Adidas Bertema Wayang Kulit Seri Malaysia Tidak Dirilis di Indonesia

Editor: Redaksi

Wayang kulit diklaim adidas Malaysia. Foto: Instagram/@adidassg
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Adidas menuai kecaman setelah merilis produk bertema wayang kulit dan disebut sebagai warisan budaya Malaysia.

Produk itu merupakan bagian dalam koleksi City Pack yang terinspirasi dari sejumlah negara di Asia Tenggara, yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Kendati demikian, sepatu seri Malaysia yang menampilkan gambar wayang kulit tidak dirilis atau dijual di Indonesia.

Hal itu diketahui berdasarkan penelusuran CNNIndonesia.com, di mana dalam siaran pers yang diterima pada Sabtu (13/11) lalu, koleksi UltraBOOST DNA CITY PACK yang hadir di Indonesia diungkapkan hanya seri Indonesia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Baca juga: Mulai 29 November, WN Indonesia Masuk Singapura Tak Perlu Lagi Karantina

Selain itu, berdasarkan pantauan di situs web penjualan Adidas Indonesia, yang tercantum hanya keempat seri tersebut, dan tidak ada seri Malaysia di dalamnya.

Produk ini sebelumnya diumumkan melalui akun Instagram resmi Adidas Singapura pada Rabu (10/11) lalu dan dirilis ke publik satu hari setelahnya.

Namun, kecaman terkait penyebutan wayang kulit sebagai warisan budaya

Namun, kecaman terkait penyebutan wayang kulit sebagai warisan budaya Malaysia baru menyeruak baru-baru ini.

“Merayakan warisan budaya Malaysia lewat mata @JAEMYC dalam #UltraBOOST DNA City Pack berikutnya,” tulis Adidas dalam unggahan tersebut.

“Desainnya berbicara tentang penghormatan kepada Wayang Kulit, bagian penting dari identitas dan warisan budaya Malaysia dengan menggabungkan unsur-unsur Wayang Kulit dengan palet warna modern, dalam pendekatan “lama-bertemu-baru” pada DNA UltraBOOST,” lanjutnya.

Baca juga: Sah Menjadi Istri dari Carter Reum, Paris Hilton Gelar Pesta Pernikahan Seperti Karnaval

Sebagaimana dilansir dari laman UNESCO, pertunjukan wayang kulit memang telah diakui sebagai warisan budaya tak benda dari Pulau Jawa, Indonesia sejak 2003.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.