Amazon Didenda Sebesar Rp 7,1 M Karena Kedapatan Menyembunyikan Kasus Covid-19

Editor: Redaksi

Raksasa e-commerce, Amazon
Raksasa e-commerce, Amazon
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Raksasa teknologi Amazon telah dihukum untuk membayar denda sebesar US$ 500.000 atau setara dengan Rp 7,1 miliar (bila dihitung dengan kurs Rp 14.200/dolar AS).

Melansir dari The Verge, Selasa (16/11/2021), denda ini diberikan kepada Amazon oleh pemerintah California karena perusahaan tersebut kedapatan telah menyembunyikan jumlah kasus COVID-19 yang terjadi di perusahaannya.

Jaksa Agung California, Rob Bonta, mengatakan dalam siaran pers kalau pemberian denda terhadap Amazon tersebut datang setelah adanya pengaduan yang ditujukan kepada perusahaan tersebut.

Baca juga: Ternyata Gen Inilah Biang Kerok Ada Orang Lebih Berisiko Meninggal Jika Terinfeksi Covid-19

Dikatakan bahwa perusahaan tersebut tidak memberi tahu pekerja gudang dan lembaga kesehatan setempat dengan benar tentang kasus COVID-19 baru yang terjadi di dalam perusahaan.

“Sering meninggalkan mereka dalam kegelapan dan tidak mampu untuk secara efektif melacak penyebaran virus.”

Berdasarkan laporan LA Times, kasus denda yang diterima oleh Amazon ini merupakan kasus denda pertama terkait dengan undang-undang “hak untuk tahu” COVID California (AB 685), yang disahkan tahun lalu sebagai tanggapan terhadap pandemi COVID-19.

Berdasarkan undang-undang tersebut, perusahaan diwajibkan untuk memberi tahu pekerja yang berpotensi terpapar COVID-19 dalam satu hari, dan juga harus melaporkan nomor kasus COVID-19 ke lembaga kesehatan setempat dalam waktu 48 jam jika ada karyawan mereka yang positif terpapar COVID-19.

Baca juga: Ini Fosil Dinosaurus Terpanjang yang Pernah Hidup di Bumi 

“Ketika bangsa kita terus memerangi pandemi, sangat penting bagi bisnis untuk melakukan bagian mereka untuk melindungi pekerja sekarang – dan terutama selama musim liburan ini,” kata Bonta dalam siaran persnya.

“Warga California memiliki hak untuk mengetahui tentang potensi paparan virus corona untuk melindungi diri mereka sendiri, keluarga mereka, dan komunitas mereka,” tambahnya lagi.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.