Masih Hadapi Gelombang Baru, 99 Persen Kasus Covid-19 Aktif di Singapura Tanpa Gejala

Editor: Redaksi

MRT Singapura, melewati distrik komersial Tanjong Pagar, Singapura. (Foto: Kompas.com)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo, mengatakan 99 persen kasus Covid-19 aktif di negara kota itu asimptomatik atau tanpa gejala.

Suryo mengatakan meski Singapura tengah menghadapi lonjakan Covid-19 akibat penyebaran varian Delta dengan rata-rata kasus mencapai 2 ribu sampai 3 ribu dalam sehari, tingkat rawat inap dan kematian akibat virus serupa SARS itu sangat rendah.

“99 persen mereka (yang terinfeksi Covid-19) asimptomatik dan kemudian sehat,” ujar Suryo dalam acara webinar yang digelar Kementerian Kesehatan secara virtual, Selasa (16/11).

Baca juga: KABUR, Frederika Cull Tak Pulang ke Rumah Selama Berbulan-bulan

Sementara itu, kata Suryo, jumlah pasien Covid-19 di Singapura yang dirawat di rumah sakit hanya 0,3 persen. Sedangkan, yang meninggal sekitar 0,2-0,3 persen.

“Jadi relatif rendah sehingga Singapura lebih percaya diri karena angka vaksinasi nasionalnya juga sudah mencapai 85 persen,” ucap Suryo lagi.

Dalam diskusi itu, Suryo juga membeberkan rencana Singapura terkait pengaturan perjalanan bagi turis asing yang sudah divaksinasi (VTL) tanpa karantina, termasuk pendatang dari Indonesia.

Suryo memaparkan langkah Singapura yang mulai membuka perbatasan secara bertahap meski di tengah lonjakan kasus dilakukan demi menggenjot ekonomi negara yang terpukul akibat pandemi Covid-19.

Baca juga: Tujuh Astronot Terpaksa Kabur dari Stasiun ISS dan Ngumpet di Pesawat Ruang Angkasa

Menurut Suryo, Singapura juga sudah dua tahun menutup perbatasan sehingga warganya tak bepergian kemana pun.

“Orang Singapura tak pergi kemana-mana selama dua tahun, beda dengan orang Indonesia. Singapura rumahnya lebih kecil, mereka butuh tempat yang lapang,” ucap Suryo.

“Itu yang membuat pemerintah Singapura melakukan pembukaan bertahap,” katanya menambahkan.

Singapura saat ini memang masih menghadapi gelombang baru Covid-19 yang memuncak selama dua bulan terakhir. Pada 27 Oktober lalu, Singapura bahkan mencatat rekor infeksi Covid-19 dengan 5.324 kasus dalam sehari, tertinggi sejak awal pandemi.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.