Anggota Komisi E DPRD Sulsel Ungkap 1.000 ASN Terima Bansos Warga Miskin

Editor : Sudianto Pane

Gedung DPRD Sulsel (Noval/detikcom)
Gedung DPRD Sulsel (Noval/detikcom)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Anggota Komisi E DPRD Sulawesi Selatan (Sulsel) Jon Rende Mangontang mengungkap ada 1.000 lebih aparatur sipil negara (ASN) di Sulsel yang menerima bantuan sosial (bansos) untuk warga miskin. Bansos yang diterima para ASN itu berasal dari Program Keluarga Harapan (PKH).

“Di Sulsel itu ada seribu lebih ASN yang menerima PKH, ini data Kemensos,” kata Jon saat dimintai konfirmasi wartawan, Rabu (24/11/2021).

Jon mengatakan pihaknya di DPRD Sulsel meminta Dinas Sosial (Dinsos) Sulsel melakukan pengecekan. Masalah ASN menerima bansos PKH ini tidak akan selesai jika Dinsos tidak langsung mengecek.

.Baca : Kadinsos Tanjungpinang Ingatkan KPM PKH Kelola Bansos dengan Baik

.Baca : Seorang PNS Penerima Bansos di Menteng Terdeteksi Satelit LAPAN

Jon menduga adanya ASN yang menerima bansos tersebut karena memang namanya terdaftar di dalam PKH dan Dinsos tidak melakukan pemutakhiran data.

“Atau ada permainan di dalamnya. Kita mendesak Kepala Dinas Sosial segera minta balai Dinas Sosial untuk mengecek hal ini sehingga kita tahu kabupaten mana saja dan dia ASN di mana,” ujarnya.

Ditegaskannya, pemerintah harus memberi sanksi tegas jika terbukti ada permainan dalam penyaluran bansos kepada ASN.

“Tetapi kalau memang ini karena ketidaksengajaan, karena dia dari dulu PKH dan tidak dilakukan pemukatkhiran, maka perlu diperbaiki,” tuturnya.

Selain itu, Jon meminta ASN yang telah menerima bansos PKH mengembalikan apa yang diterimanya kepada negara. Komisi terkait di DPRD Sulsel juga tengah mengusut dugaan 1.000 ASN di Sulsel menerima bansos.

“Totalnya kan seribu lebih (ASN terima bansos). Setelah ada tindak lanjutnya, kita akan hearing lagi,” pungkasnya.(*)

Sumber : detiknews

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.