Baru 12 Jam Menjabat Sebagai PM Swedia, Magdalena Andersson Mengundurkan Diri

Editor: Redaksi

Magdalena Andersson
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Baru 12 jam menduduki kursi Perdana Menteri (PM) Swedia, Magdalena Andersson mengundurkan diri. Mundurnya PM wanita pertama di Swedia ini terjadi setelah parlemen menolak RUU anggaran koalisi.

Parlemen kemudian meloloskan rencana keuangan yang disusun oleh tiga partai oposisi. Hal tersebut mendorong Partai Hijau untuk keluar dari koalisi dan membuat Andersson tidak punya pilihan selain mengundurkan diri.

Mengutip artikel VOI berjudul Baru 12 Jam Menjabat, PM Wanita Pertama Swedia Magdalena Andersson Mengundurkan Diri, Partai Hijau menyatakan tetap mendukung Andersson dalam pemungutan suara tahun depan.

Baca juga: Sepeda Motor Masuk Jurang, Anggota DPRD Sumbar Meninggal Dunia

Adapun Partai Tengah berjanji abstain, yang dalam praktiknya sama dengan mendukung pencalonan Andersson. Partai Kiri juga mengatakan akan mendukungnya. Sementara partai-partai ini tidak dapat menyepakati anggaran, mereka bersatu dalam tujuan menjaga agar Partai Sosial Demokrat Swedia, partai populis yang anti-imigrasi tidak memiliki peran dalam pemerintahan.

“Partai Tengah akan membuka pintu baginya (Andersson) untuk menjadi perdana menteri,” kata Ketua Umum Partai Tengah, Annie Loof di Twitter.

“Kami akan memastikan, sekali lagi bahwa Swedia dapat memiliki pemerintahan yang tidak bergantung pada Demokrat Swedia.”

Selain berhasil menyatukan Partai Sosial Demokrat Swedia dengan Partai Hijau, Andersson juga menenangkan dukungan dari Partai Kiri dan Partai Tengah, yang mana dukungannya dibutuhkan pemerintah. Tetapi keseimbangan yang kompleks sekarang telah runtuh.

Baca juga: Ahli Kritik Larangan Cuti Nataru

Partai Tengah curiga terhadap pengaruh yang meningkat dari Partai Kiri. Andersson diharapkan dapat menyatukan mereka semua dengan baik untuk mempertahankan kekuasaan sampai pemilu yang dijadwalkan pada September 2022.

Langkah Andersson ke kursi PM Swedia

Andersson mengambil alih jabatan PM dari Stefan Lofven. Löfven mengundurkan diri sebagai PM Swedia setelah mendapat mosi tidak percaya dari parlemen.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.