Wamenkeu: UMKM Tonggak Penting Pemulihan Ekonomi Nasional

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara (Kemenkeu)
Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara (Kemenkeu)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

JAKARTA, SURYAKEPRI.COM – Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengatakan bahwa pemulihan ekonomi Indonesia yang didorong oleh kebijakan fiskal, itu salah satu sumber pentingnya ada pada di sisi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Wamenkeu mengungkapkan hal itu saat memberikan pidato kunci secara daring pada Webinar Patriot Insight dengan tema UMKM Menuju Ekonomi Digital yang Berkelanjutan, Rabu (24/11/2021).

“Kalau kebijakan fiskal kita bersifat ekspansif, ini salah satu bagian yang penting adalah support kepada usaha mikro kecil dan menengah. dan memang ini yang pertama kali kita berikan,” terang Wamenkeu.

Wamenkeu mengatakan bahwa ketika pada masa awal pandemi, pemerintah langsung melakukan estimasi dan proyeksi mengenai kondisi ekonomi yang menemukan fakta bahwa dengan mobilitas yang menurun maka usaha mikro kecil dan menengah akan kena dampak.

BACA JUGA:

Karena itu, pemerintah langsung mendesain berbagai macam kebijakan yang bisa membantu UMKM.

Di dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Wamenkeu melihat bahwa realisasi pemberian insentif pajak sangat signifikan.

Insentif pajak yang ada pada klaster insentif dunia usaha pada program PEN ini telah diberikan sejak tahun lalu untuk membantu dunia usaha agar tidak terkena tekanan yang terlalu dalam.

“Kita berikan relaksasi. Relaksasi atas pembayaran PPh pasal 21, itu berlaku untuk semua perusahaan baik perusahaan besar maupun menengah atau kecil bisa bisa mendapatkan.”

“Lalu kemudian, yang sifatnya juga adalah PPh 25 pembayaran massa. Juga insentif usaha untuk diberikan kepada UMKM, UMKM yang membayar pajak berupa pajak final itu kemudian bisa pajak finalnya itu ditanggung oleh pemerintah, silakan digunakan, sehingga UMKM nanti bisa tetap menjalankan kegiatan usaha tanpa terbebani pajak untuk sementara waktu,” sambung Wamenkeu.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.