Friday, March 29, 2024
HomeLainnyaTeknoFitur iPhone iOS 15 Ini Adalah Alat Anti-Hack dan Anti-Lock Terbaik: Begini...

Fitur iPhone iOS 15 Ini Adalah Alat Anti-Hack dan Anti-Lock Terbaik: Begini Cara Menggunakannya

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Sistem operasi iOS 15 baru memperkenalkan banyak fitur menarik, satu di antaranya memastikan Anda bisa menguasai kembali iPhone yang diretas atau terkunci.

Fitur ini disebut Recovery Contact (Pemulihan Kontak), di mana Anda dapat menominasikan orang-orang terpercaya untuk membantu memulihkan smartphone Anda.

Peretasan dan serangan malware merajalela dalam beberapa bulan terakhir.  Baru minggu lalu, para peneliti menemukan malware yang meretas perangkat internet of things (IoT), membuat jutaan pengguna lainnya menjadi target potensial.

BACA JUGA:

Menurut The Sun, Apple sedang menyiapkan sistem cadangan baru untuk situasi berbahaya seperti serangan malware.

Fitur ini juga berguna jika Anda secara tidak sengaja mengunci diri di ID Apple. Terakhir, jika perangkat Anda diretas, fitur ini dapat mengatur ulang perangkat yang disusupi.

iPhone iOS 15: Fitur Recovery Contact  

Perlu diingat bahwa Anda hanya boleh mendaftarkan orang terpercaya di Recovery Contact (fitur Pemulihan Kontak). Bisa pasangan Anda, anggota keluarga dekat atau teman lama.

Juga, perhatikan bahwa seluruh proses hanya membutuhkan waktu beberapa detik, jadi pilihlah kontak yang dapat Anda ajak berkomunikasi dengan cepat.

Recovery Contact hanya akan aktif jika fitur tersebut sudah diatur sebelum peretasan atau penguncian, jadi jangan menunggu lagi.

Setelah memilih kontak Anda, segera daftarkan di iPhone Anda untuk memanfaatkan fitur keamanan ini.

Cara Mengaktifkan Recovery Contact iPhone

New York Post mencantumkan proses pengaturan Pemulihan Kontak. Catat, Anda akan membutuhkan banyak perangkat Apple untuk mengaktifkan fitur ini.

Pertama, ingat bahwa fitur ini hanya tersedia di iOS 15, jadi pastikan perangkat Anda menjalankan perangkat lunak terbaru. Anda dapat melakukannya dengan membuka “Settings”  [Pengaturan], “General,” [Umum], dan “Software Update” [Pembaruan Perangkat Lunak].

Jika perangkat Anda diperbarui, itu akan menampilkan “Versi 15” atau lebih tinggi.

Selain smartphone Anda, Anda memerlukan perangkat Apple lain untuk mengaktifkan two-factor authentication [otentikasi dua faktor]. Anda dapat menggunakan smartphone atau iPad lain yang berjalan di iPadOS 15 atau versi yang lebih tinggi.

Jika semua perangkat sudah siap, Anda harus pergi ke “Settings” dan buka opsi “ID Apple” di bawah nama Anda.

Buka “Password & Security” [Sandi & Keamanan] dan buka “Account Recovery.” [Pemulihan Akun]. Di sini, harus ada opsi baru, “Add Recovery Contact. [Tambahkan Pemulihan Kontak].

Berikan informasi yang diperlukan untuk mendaftarkan narahubung yang Anda pilih. Untuk menyelesaikan proses, Anda bisa mengirim pesan kepada orang tersebut yang mengatakan bahwa mereka terdaftar sebagai Pemulihan Kontak.

Cara Mengaktifkan Recovery Contact jika Anda Diretas

Dalam keadaan yang tidak menguntungkan di mana iPhone Anda terkunci atau diretas, Anda dapat meminta Recovery Contact Anda untuk mengatur ulang perangkat dalam hitungan detik!

Untuk menyetel ulang perangkat, kontak perlu membuka “Pengaturan”, “ID Apple”, “Kata Sandi & Keamanan”, dan “Pemulihan Akun” [Settings – Apple ID – Password & Security – Account Recovery].

Kontak tersebut dapat membuat Kode Pemulihan satu kali yang dapat mereka kirimkan kepada Anda. Gunakan ini pada perangkat yang disusupi untuk mendapatkan kembali akses penuh.

Ini baru satu dari sekian banyak fitur menarik yang terdapat di iOS 15. Semoga ada fitur tersembunyi lainnya yang bisa Anda temukan di software terbaru iPhone.(*)

Penulis: Eddy Mesakh | Sumber: itechpost

iPhone, iPhone iOS 15, Apple, iPhone Recovery Contact, Software Apple, Suryakepri.com, Tekno

 

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER