Satgas Penanganan COVID-19 Kepri Antisipasi Varian Omicron

Editor: Redaksi

Ilustrasi virus corona varian Omicron. (Foto: iStockphoto/DMEPhotography)
Ilustrasi virus corona varian Omicron. (Foto: iStockphoto/DMEPhotography)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

TANJUNGPINANG, SURYAKEPRI.COM – Jajaran Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Riau berupaya antisipasi potensi penyebaran Varian Omricron atau  B.1.1.529 di wilayah Kepri setelah muncul dua kasus baru di Singapura.

“Pemerintah serius memperhatikan permasalahan ini setelah ditemukan dua kasus baru Varian Omricron di Singapura,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kepri Tjetjep Yudiana, di Tanjungpinang, Rabu (01/12).

Menurut dia, perhatian Pemerintah Kepri terhadap dua orang yang terinfeksi Omricron cukup beralasan. Hal itu disebabkan varian COVID-19 itu penyebar di berbagai daerah dalam waktu singkat.

Selain itu, Kepri, terutama Batam, Bintan dan Tanjungpinang masih berhubungan dengan Singapura. Apalagi tiga daerah itu bertetangga dengan Singapura.

Baca juga: 

Hubungan tersebut terjalin dalam bentuk pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Singapura dan Malaysia ke Batam. Ribuan orang PMI di Singapura sudah dipulangkan ke Indonesia melalui Batam. Berdasarkan hasil pemeriksaan di Batam, petugas menemukan cukup banyak PMI yang tertular COVID-19.

Selain menjalin hubungan terkait pemulangan PMI, menurut dia warga Singapura yang berbisnis atau yang memiliki keahlian bekerja di sejumlah perusahaan seperti di Batam dan Bintan.

Upaya pencegahan yang dilakukan agar Varian Omricron tidak masuk ke wilayah itu yakni dengan memperketat pengawasan di pintu keluar-masuk, seperti pelabuhan internasional. Pemeriksaan di pelabuhan diperketat, dan seluruh warga dari Singapura yang masuk ke Batam wajib diperiksa kesehatannya secara intensif sehingga dapat dipastikan tidak tertular COVID-19 maupun Omicron.

Peralatan PCR yang dimiliki Kepri belum mampu mendeteksi Omicron sehingga sampel dari hasil tes usap harus dibawa ke Jakarta.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.