Garam Himalaya Lebih Menyehatkan Ketimbang Garam Meja? Fakta Atau Mitos

Editor: Redaksi

Garam Himalaya. (Foto: Pixabay)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Pink Himalayan salt, atau garam Himalaya belakangan ini menjadi populer. Kita bisa dengan mudah menemukan jenis garam itu di pusat perbelanjaan dan toko makanan khusus.

Garam Himalaya merah muda sedikit berbeda dibandingkan garam biasa, karena berasal dari Khewra Salt Mine yang terletak di dekat Himalaya di Pakistan.

Seperti dilaporkan Healthline, garam Himalaya merah muda dipanen secara alami, sehingga memiliki banyak mineral dan unsur lain yang tidak terdapat dalam garam meja.

Makanya, garam ini disebut-sebut lebih menyehatkan ketimbang garam meja. Benarkah demikian?

Melansir Medical News Today, meski sejumlah laporan menemukan garam Himalaya mengandung sekitar 84 mineral dan unsur berbeda, kandungan seluruh bahan itu hanya sekitar dua persen.

Itu artinya, kandungan nutrisi pada garam Himalaya merah muda hampir sama dengan garam meja biasa.

Kita tidak memperoleh manfaat kesehatan lebih jika mengganti garam biasa dengan garam tersebut.

Klaim lain terkait garam Himalaya adalah, garam ini tidak diproses secara berlebihan dan lebih alami daripada garam biasa.

Yahoo! Health melaporkan, garam meja mengandung zat anti penggumpalan dan sejumlah nutrisi dalam garam itu hilang selama proses penggilingan.

Manfaat kesehatan garam Himalaya

Asupan natrium yang tepat sangat penting untuk kesehatan kita. Semua jenis garam, termasuk garam Himalaya merah muda dapat membantu kita menjaga kadar natrium yang sehat, menurut laman Web MD.

Akan tetapi, belum ada penelitian yang menunjukkan garam Himalaya memiliki manfaat kesehatan yang unik dibandingkan garam lainnya.

Sejumlah mineral yang membentuk warna merah muda pada garam Himalaya kerap disebut dapat menyehatkan tubuh.

Faktanya, konsentrasi mineral tersebut terlalu rendah dan tidak memberikan manfaat signifikan bagi tubuh.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.