Pemalsu Kartu Prakerja Raup Duit Rp 18 Miliar

Editor : Sudianto Pane

Polisi menggerebek dan memangkap sindikat pemalsu Kartu Prakerja di Bandung. (Foto: istimewa)
Polisi menggerebek dan memangkap sindikat pemalsu Kartu Prakerja di Bandung. (Foto: istimewa)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Sindikat pemalsu Kartu Prakerja dibongkar Polda Jabar. Tiga tahun beroperasi, sindikat ini meraup duit Rp 18 miliar.

“Mendapatkan keuntungan Rp 500 juta per bulan sejak tahun 2019, total Rp 18 M,” ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar Kombes Arief Rachman dalam keterangannya, Sabtu (4/12/2021).

Sindikat pemalsu Kartu Prakerja ini dibongkar oleh Subdit 1 Indag Direktorat Reserse Kriminal Khusus yang dipimpin Kasubdit Kompol Andry Agustiano. Polisi menggerebek dan menangkap empat orang inisial AP, AE, RW, dan WG di salah satu hotel di Kota Bandung.

Kasus ini masih dalam tahap penyelidikan oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar. Sementara itu, para pelaku sudah ditahan di Polda Jabar.

.Baca : Vivo V23e Dibekali RAM Hingga 12 GB dan Punya Kamera Jempolan

.Baca : RAMALAN ZODIAK HARI INI MINGGU 5 DESEMBER 2021: Aquarius Luangkan Waktu untuk Refleksi, Daya Tarik Cancer Tinggi, Gemini Cenderung Hindari Kebenaran, Perasaan Cinta Libra Meningkat

Arief menuturkan sindikat pemalsu Kartu Prakerja ini membobol data kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) di tiap daerah. Data yang didapat kemudian diperjualbelikan secara online untuk bisa masuk ke aplikasi Prakerja untuk mendapatkan pencairan uang. Hal itu juga yang mendasari polisi melakukan penelusuran.

“Berawal dari banyaknya pemberitaan kebocoran data kependudukan yang disalahgunakan dan diperjualbelikan secara bebas oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” kata Arief menegaskan.(*)

Sumber:detikcom

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.