Kemendikbudristek Menetapkan 289 Warisan Budaya Takbenda Indonesia, Mendoan Banyumas Termasuk Salah Satunya

Editor: Redaksi

Mendoan Banyumas, termasuk salah satu dari Warisan Budaya Takbenda (WBTb)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

JAKARTA, SURYAKEPRI.COM – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menetapkan 289 warisan budaya takbenda (WBTb) yang ada di 28 provinsi sebagai WBTb Indonesia tahun 2021. Mendikbudristek, Nadiem Makarim, menyatakan, penetapan itu harus ditindaklanjuti dengan aksi-aksi nyata sebagai bentuk tanggung jawab dalam melestarikan dan memajukan kebudayaan Indonesia.

“Semangat pelestarian dan pemajuan ini harus dimiliki oleh seluruh masyarakat Indonesia, termasuk para pelajar sebagai generasi pewaris dan penerus kebudayaan ” ujar Nadiem dalam sambutannya secara daring, Selasa (7/12) malam.

Nadiem mengatakan, penetapan WBTb Indonesia adalah upaya pemerintah pusat dalam menjaga nilai-nilai asli dari bangsa Indonesia. Menurut dia, WBTb merupakan filosofi, sumber pengetahuan, dan juga identitas bangsa Indonesia. Kebudayaan, kata dia, adalah sesuatu yang hidup dan menghidupi dan memberikan bangsa ini nyawa serta budi.

Baca juga: 

“Kebudayaan adalah sesuatu yang hidup dan menghidupi, memberi kita nyawa dan budi,” ujar Nadiem.

Untuk itu, kata Nadiem, penetapan WBTb itu tidak boleh berhenti hanya sampai penyerahan sertifikat WBTb saja, melainkan harus ditindaklanjuti dengan aksi-aksi nyata. Aksi nyata itu dapat dilaksanakan melalui festival, seminar, sarasehan, lokakarya atau bahkan dapat masuk ke dalam kurikulum pendidikan yang membangkitkan semangat pelestarian WBTb.

Nadiem mengungkapkan, kanal Indonesiana dapat digunakan sebagai ruang kolaboratif bagi seniman, budayawan, dan masyarakat untuk berkreasi, belajar, mengenal, dan memaknai kembali identitas bangsa sebagai manusia Indonesia.

“Mari kita buat inisiatif-inisiatif seperti festival, seminar, sarasehan, atau lokakarya yang bersifat kolaboratif sebagai kanal budaya pertama di Indonesia,” tutur dia.

Mendikbudristek berharap, warisan-warisan tersebut dapat menjadi harta yang dikenal oleh masyarakat dunia dan membawa Indonesia melompat ke masa depan. Dengan semangat pemajuan kebudayaan, dia mengajak semua pihak untuk terus bergerak serentak mewujudkan nerdeka belajar dan merdeka berbudaya.

Penetapan itu ditandai dengan penyerahan sertifikat penetapan WBTb secara langsung oleh Direktur Jenderal Kebudyaan, Hilmar Farid, kepada gubernur, wakil gubernur, dan kepala dinas pengusul yang membidangi kebudayaan tingkat provinsi.

Hilmar dalam laporannya mengatakan, penyerahan sertifikat WBTb merupakan apresiasi dan penghargaan Kemendikbudristek kepada pemerintah daerah dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam penetapan WBTb sebagai upaya melestarikan warisan budaya bangsa.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.