Bandara Soekarno-Hatta Melaporkan 40 Penumpang Pesawat Asal Luar Negeri Positif Covid-19 Selama November

Editor: Redaksi

Foto Ilustrasi: Bandara Internasional Soekarno-HattaTEMPO/Tony Hartawan
Foto Ilustrasi: Bandara Internasional Soekarno-HattaTEMPO/Tony Hartawan
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

TANGGERANG, SURYAKEPRI.COM – Kantor Kesehatan Pelabuhan Soekarno-Hatta menemukan 40 penumpang pesawat dari luar negeri di Bandara Soekarno-Hatta positif Covid-19 selama November ini.

“40 sampel positif tersebut ditemukan sejak dilakukan pencegahan masuknya Covid-19 varian B.1.1.529 atau Omicron ke wilayah Indonesia pada akhir November lalu,” ujar Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Soekarno-Hatta, dr Darmawali Handoko, Kamis 9 Desember 2021.

Darmawali mengatakan seluruh sampel positif langsung dikirim ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Kementerian Kesehatan untuk dilakukan genom sequencing agar diketahui varian dari sampel tersebut.

Sejauh ini, KKP Soekarno-Hatta belum menerima informasi ditemukannya varian Omicron dari sampel positif yang dikirim ke Badan Litbangkes tersebut.

“Data yang saya dapatkan dari lapangan itu sudah ada 40 spesimen positif yang kami kirimkan ke badan litbangkes. Dan sampai hari ini, belum dapat info dari Badan Litbangkes bahwa ada hasil genom sequencingnya yang merupakan varian B.1.1.529 atau biasa disebut Omicron,” tuturnya.

Menurut Darmawali, untuk mengetahui varian B.1.1.529 atau Omicron harus dilakukan oleh Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan. Alasannya, genome sequencing tidak dapat dilakukan oleh laboratorium-laboratorium PCR biasa.

“Untuk mengetahui varian, itu yang bisa mengeluarkan dari Kemenkes adalah Badan Litbangkes. Badan yang melakukan genom sequencing. Genom sequencing ini untuk pemeriksaannya tidak bisa dengan lab-lab PCR yang biasa. Dia harus pemeriksaan yang lebih spesifik sehingga bisa ditemukan apakah genom ini sesuai dengan omicron atau tidak.”

Darmawali mengatakan sampai saat ini, dia belum mendapat informasi ditemukannya covid-19 varian Omicron di Indonesia.

Adapun penanganan 40 WNA dan WNI positif Covid-19 yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta itu dengan cara diisolasi dan dirawat di Wisma Atlet Pademangan. (*)

 

Sumber: msn.com/

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.