Semakin Ramai, Kini Kanada Umumkan Ikut Boikot Olimpiade Beijing 2022

Editor: Redaksi

Olimpiade Beijing 2022
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Kanada bergabung dengan Australia, Inggris, dan Amerika Serikat (AS) dalam boikot diplomatik Olimpiade Musim Dingin di Beijing pada Rabu (8/12). China menyebut boikot itu sikap politik dan kampanye kotor.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan China akan menyadari kekhawatiran lama Barat tentang hak asasi manusia (HAM) di negara itu. “(Jadi) seharusnya tidak mengejutkan bahwa kami memutuskan untuk tidak mengirim perwakilan diplomatik,” katanya.

Untuk Komite Olimpiade Kanada (COC), boikot diplomatik mengakui perbedaan antara partisipasi pemerintah dan atlet sambil menyediakan platform untuk menyoroti masalah China.

Baca juga:

“Komite Olimpiade Kanada dan Komite Paralimpiade Kanada tetap prihatin dengan masalah di China tetapi memahami bahwa Olimpiade akan menciptakan platform penting untuk menarik perhatian mereka,” kata COC dalam sebuah pernyataan.

Keputusan Trudeau tampaknya akan menambah ketegangan pada hubungan yang sudah tegang antara kedua negara. Sebelumnya Kanada melakukan Penahanan Chief Financial Officer Huawei Technologies Co. Ltd. Meng Wanzhou berdasarkan surat perintah AS.

Meng telah berada di bawah tahanan rumah di Vancouver. Dia telah berjuang atas ekstradisi ke AS selama hampir tiga tahun atas tuduhan penipuan bank. Dia dibebaskan dan kembali ke China pada September.

Sebanyak dua warga Kanada, Michael Kovrig dan Michael Spavor, ditangkap oleh China tak lama setelah penahanan Meng pada 2018. Mereka pun akhirnya dibebaskan pada September.

AS adalah yang pertama mengumumkan boikot terhadap Olimpiade Musim Dingin di Beijing pada pada Februari 2022. Pejabat pemerintahnya tidak akan menghadiri Olimpiade Beijing karena kekejaman HAM yang dilakukan Beijing.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.