Petugas Kebersihan di Wisma Atelat Berpotensi Tertular Varian Omicron

Editor: Redaksi

Wisma Atlet Pademangan. (Foto: ANTARA)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

JAKARTA, SURYAKEPRI COM – Anggota Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19, Lia G. Partakusuma, mengatakan petugas kebersihan menjadi salah satu pihak yang paling berpotensi tertular virus Covid-19 varian Omicron. Salah satu kasus yang membuktikan klaim ini terjadi pada petugas kebersihan Wisma Atlet Kemayoran yang menjadi pasien pertama Covid-19 varian Omicron.

“Sebenarnya mereka di Wisma Atlet sudah dapat cara bagaimana cara tidak tetular. Tapi saya gak tau gimana mereka bisa akhirnya tetular. Apa mungkin karena Omicron ini mudah sekali menular,” ujar Lia di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 18 Desember 2021.

Lia menjelaskan, petugas kebersihan berisiko terpapar Covid-19 karena masyarakat belum teredukasi untuk memilah sampah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) dan memisahkannya dengan sampah rumah tangga lain. Banyak masyarakat yang tidak mengolah bekas tisu atau masker mereka sebelum dibuang. Hal ini membuat petugas berisiko terpapar Omicron tanpa interaksi langsung dengan orang yang terinfeksi. “Jadi sumber penghasil limbah yang harus diedukasi,” kata Lia.

Baca juga: 

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto menerangkan, saat ini sebanyak 110 sampai 120 petugas kebersihan yang bekerja di Bantargebang terpapar Covid-19. Mereka diduga terkena virus tersebut akibat sampah atau limbah masker masyarakat yang dibuang dan dicampur dengan limbah rumah tangga.

“Petugas gerobak banyak yang tidak memahami ada rumah yang terkena pasien Covid-19 atau engga, kemudian semua sampah disatukan, dimasukan ke tong sampah, dan kemudian ke Bantargebang,” ujar Asep.

Asep menerangkan, ratusan petugas terpapar virus Covid-19 terjadi saat gelombang kedua melanda Jakarta. Saat itu jumlah limbah B3 seperti masker membludak hingga mencapai 493 ton per hari.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.