Serupa Tapi Tak Sama, LUPA dan PIKUN Merupakan 2 Hal Yang Berbeda. Berikut Penjelasannya

Editor: Redaksi

Perbedaan lupa dan pikun. (Foto: Pixabay)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Istilah lupa dan pikun sering dipakai untuk merujuk pada gangguan daya ingat yang dialami seseorang.

Penurunan daya ingat merupakan salah satu bagian dari proses fisiologis dan penuaan yang dialami oleh semua orang. Semakin tua maka kita membutuhkan semakin banyak waktu untuk lebih lama melakukan pembentukan, penyimpanan maupun pemanggilan kembali memori.

Kata lupa atau pikun sering disamakan untuk menjelaskan kondisi tersebut padahal sebenarnya ada perbedaan yang sangat signifikan di antara keduanya.

Pakar kesehatan dari Universitas Indonesia, Dr. dr. Ninik Mudjihartini, MS mengatakan lupa dan pikun adalah dua hal yang berbeda dan tidak boleh disamakan.

Baca juga:ย 

“Dua hal ini tidak sama, berbeda dengan gejala dan penanganan yang seharunya juga berlainan,” jelasnya dalam webinar bertajuk Kiat Sehat Lansia Pasca Pandemi COVID-19, Sabtu (18/12/2021).

Ia menguraikan, lupa adalah peristiwa ketika kita tidak dapat menimbulkan kembali informasi yang telah diterima atau disimpan. Lupa juga terjadi kita kehilangan kemampuan untuk menyebut atau memproduksi kembali apa yang telah dipelajari sebelumnya.

Dokter Ninik memcontohkan, seseorang yang melupakan materi studinya di bangku kuliah merupakan bentuk nyata dari lupa. Orang tersebut lebih banyak berkutat dengan materi pekerjaannya saat ini sehingga ingatan tersebut tersingkirkan.

Perbedaan lupa dan pikun. (Foto: Pixabay)

Lupa adalah fenomena yang awam dialami banyak orang dan terjadi karena berbagai alasan. Salah satu teori yang berkembang di dunia kedokteran, lupa disebabkan informasi tersebut sudah disimpan terlalu lama sehingga rusak atau hilang dari ingatan.

Selain itu, lupa juga bisa dikarenakan informasi yang disimpan atau akan ditimbulkan kembali sudah terlalu banyak sehingga menimbulkan interferensi.

Lupa merupakan kondisi yang normal dalam proses penuaan sebagai bagian dari proses fisiologis tubuh.

Pikun tidak sama dengan lupa

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.