Thursday, March 28, 2024
HomeHealthYuk Lakukan Hal-hal Berikut Ini, Agar Terhindar Rasa Jenuh Terhadap Pasangan

Yuk Lakukan Hal-hal Berikut Ini, Agar Terhindar Rasa Jenuh Terhadap Pasangan

Editor: Redaksi

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Di masa-masa awal, hubungan dengan pasangan pasti terasa menyenangkan dan menggairahkan. Namun, seiring berjalannya waktu, kok jadi terasa membosankan, ya? Nah, jika kamu mengalami hal ini, tenang dulu, ya. Ada kok cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa jenuhmu.

Menjalin hubungan dengan seseorang dalam jangka waktu yang lama, baik dalam pacaran atau pernikahan, tentu tidak selalu mudah. Salah satu permasalahan yang kerap ditemui dalam hubungan yang sudah lama terjalin adalah rasa jenuh yang melanda.

Perlu kamu ketahui, merasa bosan dengan sebuah hubungan yang sudah berlangsung lama sebenarnya adalah hal yang manusiawi, kok. Pasalnya, sebagai manusia, kita ternyata memiliki kebutuhan bawaan akan variasi dan hal-hal yang baru. Meski begitu, bukan berarti rasa jenuh dalam hubungan bisa dianggap sepele, ya.

Baca juga: 

Rasa jenuh atau bosan merupakan sebuah tanda bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan atau bahkan diubah di dalam hubunganmu, karena bila dibiarkan berlarut-larut, rasa bosan dalam hubungan dapat memicu masalah yang lebih serius, seperti perselingkuhan.

Beragam Tanda Kebosanan dalam Hubungan

Berikut ini adalah beberapa tanda yang mungkin muncul jika kamu atau pasangan sedang merasa jenuh dengan hubungan yang dijalani:

  • Tidak lagi tertarik dengan kehidupan, perasaan, atau minat pasangan
  • Tidak bisa menikmati waktu yang dihabiskan bersama pasangan
  • Merasa lebih senang atau bahagia saat menghabiskan waktu bersama orang lain, daripada pasangan
  • Merasa tidak nyaman atau tidak bahagia jika sedang memikirkan masa depan hubungan
  • Merasa tidak memiliki kesamaan lagi dengan pasangan
  • Sulit untuk menemukan topik pembicaraan dengan pasangan
  • Kerap merasa kesal pada pasangan tanpa alasan yang jelas

Penyebab Munculnya Rasa Jenuh dalam Hubungan

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan munculnya rasa bosan dalam hubunganmu dan pasangan, yaitu:

  • Tidak memiliki tujuan atau minat yang sama dengan pasangan
  • Tidak adanya komunikasi yang bermakna atau mendalam
  • Tidak memiliki hobi atau minat masing-masing di luar hubungan
  • Mengorbankan minat, kesukaan, atau cita-cita sendiri demi kepentingan hubungan
  • Melakukan rutinitas yang monoton atau itu-itu saja dengan pasangan
  • Menyepelekan hubungan, misalnya dengan tidak lagi memiliki keinginan untuk menghabiskan waktu berdua atau tidak membicarakan permasalahan yang ada dengan pasangan

Cara Mengatasi Rasa Jenuh dalam Hubungan

Nah, agar permasalahan jenuh dengan hubungan tidak berlarut-larut, beberapa cara di bawah ini bisa kamu terapkan untuk mengatasinya:

1. Komunikasikan perasaan satu sama lain

Jika kamu sedang dilanda kebosanan dengan hubungan yang sedang kamu jalani, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengomunikasikannya dengan pasangan. Ini karena komunikasi adalah salah satu kunci hubungan yang sukses.

Jujurlah kepada pasangan akan perasaan dan keinginanmu saat ini. Kemudian, minta juga pasangan untuk melakukan hal yang sama. Dengan begitu, kamu dan pasangan bisa sama-sama memikirkan solusi yang paling sesuai dengan penyebab kebosanan dalam hubungan kalian.

2. Ubah pola pikir

Saat merasa bosan dengan hubungan, seseorang biasanya akan cenderung melihat hal-hal yang kurang baik dari hubungan atau pasangannya. Padahal, hal tersebut mungkin tidak seberapa besar, jika dibandingkan dengan hal positif yang ada.

Oleh sebab itu, cobalah pikirkan hal positif atau kelebihan apa yang dimiliki oleh pasanganmu, dan mulailah untuk fokus pada hal-hal positif tersebut, bukan justru sebaliknya, ya.

3. Ubah rutinitas bersama pasangan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu penyebab kebosanan dalam hubungan adalah rutinitas yang monoton. Jadi, apabila kamu sedang merasa bosan dengan hubungan yang dijalani, cobalah ubah rutinitas harian dengan melakukan hal-hal baru bersama pasangan.

Penelitian menyebutkan, melakukan kegiatan bersama bisa menjadi cara yang efektif untuk memerangi rasa bosan dalam hubungan. Nah, beberapa hal yang bisa dicoba, yaitu mencari acara TV atau film baru untuk ditonton bersama, berolahraga, atau traveling bersama.

Kemudian, kamu juga bisa membuat jurnal yang berisi foto-foto kenangan favoritmu bersama pasangan. Ini berguna untuk mengingatkanmu kembali di masa-masa atau kenangan indah dengan Si Dia.

Perlu kamu ingat, setiap hubungan pasti memiliki pasang surutnya masing-masing. Jadi, yang terpenting, sebesar apa pun masalah yang ada, usahakan kamu dan pasangan masih sama-sama mau berusaha untuk mempertahankan hubungan kalian.

Apabila kamu sudah melakukan tips-tips di atas tetapi rasa bosan dalam hubungan tidak kunjung hilang, sebaiknya konsultasikan hal tersebut dengan psikolog ya, guna mendapatkan saran yang tepat.

Psikolog mungkin akan menyarankan kamu dan pasangan untuk melakukan konseling hubungan. Ini berguna untuk mempererat dan meningkatkan kepuasan akan hubungan yang kalian jalani. (*)

 

Sumber: alodokter.com

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER