Bea Cukai dan Lantamal IV Gelar Operasi Lancang Kuning 21

Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

BATAM,SURYAKEPRI.COM – Penhujung tahun 2021, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kepri, Bea dan Cukai Batam bersama Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IV atau (Lantamal IV) gelar operasi gabungan Lancang Kuning-21, Kamis (30/12/2021).

Operasi gabungan yang dilakukan kedua instansi tersebut, dalam rangka menindak lanjuti Memorandum Of Understanding (MOU) antara Panglima TNI dengan Kementerian Keuangan dalam bersinergi melaksanakan operasi gabungan.

Kepala Kanwil Dirjen Bea Cukai (DJBC) Kepri, Akhmad Rofiq mengatakan, ini adalah sebuah kolaborasi dalam menindak lanjuti Mou antara Panglima dengan Kementerian Keuangan untuk bersinergi melaksanakan operasi bersama.

“Operasi ini kita lakuakan untuk mengantisipasi kegiatan ilegal atau penyelundupan yang ditangani oleh Bea dan Cukai serta seluruh aparat penegak hukum di selat Singapura, Selat Malaysia dan Selat Malaka,” ungkap Akhmad Rofiq di Pelabuhan 99 Batu Ampar, Kamis (30/12/2021).

Tak hanya itu, kata Rofiq, ini merupakan bukti kolaborasi bahwa antara aparat penegak hukum tidak ada perbedaan dan bersama-sama bagaimana mengatasi aktivitas yang berada di perairan selat Singapura dan Malaysia supaya kegiatan tersebut dapat dijalankan dengan baik.

Sementara itu, Kepala KPU BC Batam, Ambang Priyonggo menjelaskan, bahwa perairan perbatasan Indonesia dengan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia merupakan perairan strategis dengan kepadatan lalu lintas kapal yang rawan akan potensi pelanggaran hukum di laut seperti adanya penyelundupan.

Tentunya, kata Ambang, sinergi dan kolaborasi antar instansi sangat diperlukan untuk mewujudkan perairan perbatasan yang kondusif.

“Kami harapkan agar operasi bersama ini dapat berjalan optimal sesuai dengan prosedur dan senantiasa mengutamakan keamanan dan keselamatan personel, material dan dokumen serta tetap menerapkan protokol kesehatan,” tutur Ambang Priyonggo

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.