Viral Sekretaris Desa Beri Mobil Rubicon, Alphard, dan CRV sebagai Kado Ultah Anak

Viral Konvoi Kado Mobil Mewah Robicon hingga Alphard di Pati, Ternyata Hadiah untuk Anak Sekdes. foto: Instagram @patisakpore
Viral Konvoi Kado Mobil Mewah Robicon hingga Alphard di Pati, Ternyata Hadiah untuk Anak Sekdes. foto: Instagram @patisakpore
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Viral seorang Sekretaris Desa (Sekdes) di Kabupaten Pati, Jawa Tengah menghadiahkan mobil merek Rubicon. Alphard dan HRV sekaligus sebagai kado di hari ulang tahun anaknya.

Untuk diketahui harga Rubicon mulai Rp 1,5 miliar, alphard harganya mulai dari Rp 1,1 miliaran, dan HRV harganya mulai dari Rp 290 jutaan.

Sekdes ini bikin heboh jika dibandingkan dengan jabatannya dengan gaji relatif kecil. Gaji perangkat desa atau gaji pamong desa sudah diatur pemerintah pusat lewat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Dalam Pasal 81 PP tersebut, penghasilan tetap kepala desa, sekretaris desa (Sekdes), dan perangkat desa dianggarkan lewat APBDesa yang bersumber dari alokasi dana desa (ADD).

Gaji perangkat desa tertinggi yakni untuk jabatan sekretaris desa atau yang biasa disebut sebagai carik desa. Gaji per bulan yakni paling sedikit Rp 2.224.420 atau setara 110% dari gaji pokok PNS golongan IIa.

Namun demikian, PP tersebut hanya mengatur terkait besaran minimum gaji yang bisa diperoleh perangkat desa. Gaji perangkat desa bisa lebih tinggi tergantung dengan kebijakan masing-masing kepala daerah, dalam hal ini bupati atau wali kota dengan kebijakan tunjangan masing-masing daerah.

Jika melihat jumlah gaji tersebut, maka akan sangat sulit bagi Sekdes untuk membeli mobil mewah seharga miliaran. Kecuali, jika si Sekdes tersebut memang memiliki pendapatan lain yang besar, dari berbisnis atau pengusaha misalnya.

BACA:Tidak Pilih-pilih lagi, Pencuri Sikat 4 Ban Mobil Ambulans

BACA:Tesla Ubah Mobil Menjadi Pengeras Suara

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.