Ziarah Makam Sempena Hari Jadi Kota Tanjungpinang ke- 238

Editor : Sudianto Pane

Foto ist
Foto ist
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

TANJUNGPINANG, SURYAKEPRI.COM – Ziarah makam para leluhur sudah menjadi tradisi dalam setiap peringatan Hari Jadi Kota Tanjungpinang. Tak terkecuali pada tahun ini, tradisi ini juga tetap dilakukan sempena peringatan Hari Jadi Kota Tanjungpinang Ke-238, Rabu (5/1/2022).

Ziarah makam ini diikuti oleh Wali Kota Tanjungpinang Rahma, Wakil Wali Kota Tanjungpinang Endang Abdullah, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Teguh Ahmad Syafari, Unsur FKPD, Ketua TP-PKK Kota Tanjungpinang, Kepala OPD, Ketua dan Anggota LAM, tokoh masyarakat dan tokoh adat.

Ada enam lokasi makam leluhur Tanjungpinang yang diziarahi, diawali dari makam Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah di Kampung Melayu, Kelurahan Melayu Kota Piring.

.Baca : Penyerahan Bantuan CSR dari Bank Syariah Indonesia KC Tanjungpinang kepada Keluarga dari Anak Yatim Piatu Korban Covid-19.

.Baca : Mangkir Dipanggil DPRD, Wako Tanjungpinang Tuding Proses Hak Angket Tak Sesuai Mekanisme

Sesampainya di makam, rombongan melaksanakan prosesi acara yaitu pembacaan riwayat singkat tokoh yang diziarahi, mengganti kain penutup nisan, mengucurkan air bunga, menabur bunga rampai, tahlil dan doa.

Perjalanan dilanjutkan dengan menziarahi makam Daeng Marewa yang berlokasi di Kampung Kota Raja, Kelurahan Kampung Bugis dan makam Daeng Celak di Sei Timun, Kelurahan Kampung Bugis.

Kemudian, rombongan bertolak dari Pelabuhan Sei Ladi melanjutkan ziarah ke makam Raja Haji Fisabilillah, Engku Puteri Raja Hamidah, dan Raja Ali Haji di Pulau Penyengat, dengan prosesi acara yang sama. Selanjutnya rombongan menuju Masjid Sultan Riau Pulau Penyengat.

Wali Kota Tanjungpinang Rahma menyampaikan, kegiatan ziarah makam ini dilaksanakan secara rutin agar senantiasa mengingat peran penting dan jasa-jasa perjuangan para leluhur, bukti bahwa tidak pernah melupakan sejarah.

“Kita harus mengingat sejarah terbentuknya Tanjungpinang dan mengenang jasa para pejuang. Kita bisa seperti hari ini, karena ada perjuangan dari para tokoh pendahulu kita,” ujar Rahma.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.