Respon KPK Terkait Laporan dari Dosen UNJ yang Menyeret Nama Gibran dan Kaesang

Editor: Redaksi

Ali Fikri, Pelaksana tugas Juru Bicara KPK (Jawapos.com)
Ali Fikri, Pelaksana tugas Juru Bicara KPK (Jawapos.com)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – KPK menerima laporan dugaan tindak pidana korupsi yang menyeret dua putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), yaitu Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep. KPK berjanji menindaklanjuti laporan itu.

“Terkait laporan tersebut, informasi yang kami terima, benar hari ini, 10/1/2022, telah diterima Bagian Persuratan KPK. KPK akan menindaklanjuti setiap laporan masyarakat tersebut. Tentu dengan lebih dahulu melakukan verifikasi dan telaah terhadap data laporan ini,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Senin (10/1/2022).

Ali mengatakan laporan tersebut nantinya akan dilakukan verifikasi dan ditelaah lebih lanjut. KPK tentunya akan memastikan dugaan korupsi tersebut.

Baca juga: 

“Verifikasi untuk menghasilkan rekomendasi, apakah aduan tersebut layak untuk ditindaklanjuti dengan proses telaah atau diarsipkan,” kata Ali.

“Proses verifikasi dan telaah penting sebagai pintu awal apakah pokok aduan tersebut, sesuai UU yang berlaku, termasuk ranah tindak pidana korupsi dan menjadi kewenangan KPK atau tidak,” sambungnya.

Lalu, Ali menyebutkan, jika aduan tersebut masuk ke ranah KPK, pihaknya akan menindaklanjuti sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. menurut Ali, adanya aduan dari masyarakat itu merupakan suatu cerminan bahwa KPK dan masyarakat bersinergi dalam upaya pemberantasan korupsi.

“Apabila aduan tersebut menjadi kewenangan KPK, tentu akan ditindaklanjuti sesuai ketentuan hukum yang berlaku. Pengaduan masyarakat menjadi salah satu simpul kolaborasi KPK dengan publik dalam upaya pemberantasan korupsi,” kata Ali.

Ali mengatakan KPK akan menelusuri dan mengumpulkan keterangan. Hal itu dilakukan, kata Ali, untuk melengkapi aduan yang dilaporkan.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.