Arti Kata Nusantara yang Jadi Nama Ibu Kota Negara Baru

Editor : Sudianto Pane

Pradesain istana negara di Ibu Kota Negara (IKN) baru. Instagram@jokowi
Pradesain istana negara di Ibu Kota Negara (IKN) baru. Instagram@jokowi
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memilih nama ibu kota negara baru yaitu Nusantara. Hal ini diungkap oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

“saya baru mendapatkan konfirmasi dan perintah langsung dari Bapak Presiden pada Jumat dan beliau mengatakan ibu kota negara ini namanya Nusantara,” kata Suharso dalam rapat kerja bersama Pansus IKN, Senin (17/1/2022).

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBB) daring, arti kata nusantara adalah sebutan (nama) bagi seluruh wilayah kepulauan Indonesia.

.Baca : Ibu Kota Baru Namanya Nusantara

.Baca : Desain Istana Presiden di Ibu Kota Baru, Sudah Disetujui Presiden Jokowi

Sedangkan dalam wikipedia, Nusantara merupakan istilah yang dipakai untuk menggambarkan wilayah pulau-pulau dari Sabang sampai Merauke.

Istilah ini mulanya muncul dan dipakai dalam sastra Bahasa Jawa Pertengahan atau pada abad ke-12 sampai abad ke-16.

Metaverse Ibu Kota Baru Hadir 4 Bulan Lagi

Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, pemerintah akan menyelesaikan metaverse ibu kota negara baru dalam empat bulan ke depan. Hal tersebut diungkapkan dalam rapat bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

“Kami juga sedang siapkan ibu kota negara itu dalam bentuk metaverse. Mudah-mudahan dalam 4 bulan ini,” ujarnya dikutip tayangan Youtube, Jakarta, Kamis (13/1/2022).

Metaverse adalah sebuah konsep masa depan dalam dunia teknologi. Metaverse mampu menggambarkan seluruh kehidupan virtual yang seolah-olah nyata. Metaverse pun cukup populer dalam beberapa waktu belakangan.(*)

 

Sumber: Liputan6.com

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.