BMKG Catat Adanya Potensi Gempa Dahsyat  8,7 M, Masyarakat Agar Berhati-hati

Editor : Sudianto Pane

Ilustrasi Gempa
Ilustrasi Gempa
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – BMKG mencatat adanya potensi gempa dahsyat dari patahan megathrust di Selat Sunda, Banten berkekuatan 8,7 magnitudo (M).

Terkait hal tersebut, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengatakan pihaknya akan mengedukasi masyarakat agar berhati-hati.

“BMKG mungkin tidak nakut-nakutin yah, itu berdasarkan sejarah 1883 krakatau meletus tsunaminya sampai 30 meter,” ujarnya, Sabtu (15/01/2022), seperti dikutip dari detiknews.

“Nah itu yang dilakukan oleh kita BNPB, BPBD, pusat dan daerah untuk selalu mengedukasi masyarakat, hati-hati,” sambungnya.

Lebih lanjut, Suharyanto mengatakan bahwa masyarakat ke depannya harus bisa lebih melek terhadap mitigasi bencana.

Yakni termasuk mengetahui tentang rute-rute evakuasi serta titik pengungsian yang aman.

.Baca : Gempa Magnitudo 5,4 Guncang Lebak Banten

.Baca : Sejumlah Pulau di Kerajaan Tonga Tenggelam Disapu Tsunami

Menurutnya, mitigasi bencana tak hanya berguna bagi individu saat bencana terjadi namun juga bisa mencegah jatuhnya korban jiwa yang lebih besar.

Apabila gempa megathrust Selat Sunda benar terjadi, Suharyanto berharap sudah makin membaik sehingga korbannya tidak sebanyak yang ia takutkan.

Sementara itu, gempa Selat Sunda berkekuatan 6,6 m mengguncang Jakarta pada Jumat (14/01/2022) lalu.

Kemudian, BMKG memperingatkan soal adanya potensi gempa besar dari patahan megathrust di Selat Sunda.

Koordinator Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menyebut gempa Ujung Kulon tersebut bahkan bukan ancaman sebenarnya.

Pasalnya, segmen megathrust Selat Sunda mampu memicu gempa dengan magnitudo mencapai 8,7.

Meskipun demikian, Daryono menyebut belum ada ilmu pengetahuan yang bisa memprediksi secara presisi kapan gempa tersebut akan terjadi.

Kendati demikian, masyarakat harus tetap waspada tanpa panik berlebih karena gempa dahsyat tersebut bisa terjadi kapan saja.(*)

.Baca : RAMALAN ZODIAK HARI INI SELASA 18 JANUARI 2022: Aries Lebih Berani Membela Diri, Aquarius Mendapatkan Kembali Inspirasi, Leo Cenderung Ambil Risiko, Virgo Salurkan Energi Secara Positif

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.