Wednesday, April 17, 2024
HomeHealthManfaat Sayur Kol Bagi Kesehatan

Manfaat Sayur Kol Bagi Kesehatan

Editor: Redaksi

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Kol merupakan salah satu jenis sayuran yang sering ditemui di pasaran. Sayur kol yang sering juga disebut kubis oleh beberapa orang memiliki beberapa manfaat, terutama untuk kesehatan. Dilansir dari healthline.com, berikut adalah manfaat dari sayur kol:

1. Sayur Kol Kaya Nutrisi

Sayur mengandung beberapa nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, seperti kalsium, vitamin B6, Vitamin C, Vitamin K, protein, dan sebagainya. Selain itu, sayur kol juga mengandung beberapa mikronutrisi, seperti Vitamin A dan zat besi.

Baca juga: 

2. Sayur Kol Bermanfaat untuk Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung merupakan hal yang penting untuk dijaga. Sayur kol kaya akan kandungan antosianin, senyawa pigmen yang membuat sayur kol memiliki warna tertentu. Dilansir dari ncbi.nlm.nih.gov, senyawa antosianin ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan jantung. Orang yang mengonsumsi senyawa antosianin memiliki kemungkinan rendah untuk mengalami serangan jantung.

3. Sayur Kol Mampu Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi membuat seseorang berisiko terkena beberapa penyakit, seperti serangan jantung dan stroke. Salah satu zat yang berperan penting untuk menurunkan tekanan darah adalah potasium. Zat tersebut mampu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga sodium, yang menyebabkan tekanan darah tinggi, dapat diolah secara sempurna. Potasium terkandung banyak di sayur kol.

4. Sayur Kol Membuat Pencernaan Berjalan Lancar

Salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan pencernaan adalah mengonsumsi serat. Sayur kol mengandung banyak serat yang mampu melancarkan proses pencernaan. Dilansir dari ncbi.nlm.nih.gov, sayur kol bahkan mengandung serat yang tidak dapat diuraikan strukturnya atau insoluble fiber. Kondisi tersebut membuat sayur kol sangat bermanfaat untuk kesehatan organ pencernaan. (*)

 

Sumber: msn.com

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER