Kemenag Aceh Wacanakan Menambah Syarat Administrasi Bebas Narkoba untuk Menikah

Editor : Sudianto Pane

Ilustrasi.Pernikahan adalah impian bagi sepasang kekasih yang sudah saling mengenal dan berkomitmen satu sama lain. Fase ini akan dilalui seiring niat tulus untuk beribadah dan mencintai pasangan hingga akhir usia.
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Kemenag Aceh berencana menambah syarat administrasi bagi pasangan yang bakal menikah. Nantinya mereka diwajibkan melampirkan surat bebas narkoba.

“Kita sudah mewacanakan untuk mewajibkan tes bebas narkoba bagi pasangan calon pengantin sebelum akad nikah,” Kakanwil Kemenag Aceh Iqbal kepada wartawan, Rabu (19/1/2022).

Berdasarkan data Kemenag Aceh, pada 2021 sebanyak 41 ribu pasangan menikah. Jumlah itu menurun dibandingkan tahun sebelumnya 42.213 pasangan.

.Baca : Polisi Berhasil Tangkap Pasutri Pembuang Bayi dalam Kardus di Banda Aceh

.Baca : Ditinggal Calon Suami, Acara Nikah Tetap Digelar Demi Nama Baik Keluarga

“Menurunnya angka pernikahan bukan berarti ada persoalan, namun memang keinginan menikah pada tahun ini memang begitu,” kata Iqbal.

Iqbal berharap pernikahan yang dilakukan pasangan tersebut melahirkan keluarga sakinah mawaddah wa rahmah. Kemenag bakal terus memberikan bimbingan pra nikah bagi pasangan yang akan melangsungkan akad nikah.

“Kita percaya bahwa perkawinan yang bahagia lahir dari pasangan yang sehat dan memahami hakikat berkeluarga. Sebab itu kita tidak henti-hentinya melakukan bimbingan pra nikah bagi pasangan calon pengantin,” ujar Iqbal.

Menurutnya, angka pernikahan di Aceh tergolong normal meski masih dalam situasi COVID-19. Pernikahan di Tanah Rencong rata-rata dilangsungkan di Kantor Urusan Agama (KUA) serta masjid atau tempat ibadah lainnya.

“Apabila dibanding dengan tahun sebelumnya, angka pernikahan di Aceh tergolong normal saja, tidak naik dan turun secara signifikan,” jelas Iqbal.(*)

.Baca : RAMALAN ZODIAK KAMIS 20 JANUARI 2022: Aries Pilih Jalan Tengah, Suasana Hati Pisces Lebih Sosial, Virgo Dituntut Berlebihan, Kebutuhan Emosional Leo Mendominasi

.Baca : RAMALAN ZODIAK HARI INI KAMIS 20 JANUARI 2022: Virgo Jangan Mau Dimanipulasi, Gemini Jangan Menyerah, Keterampilan Sosial Penting bagi Cancer, Scorpio Jangan Main Drama

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.