Nusantara, Nama Ibu Kota Baru Indonesia Menjadi Sorotan Media Asing

Editor: Redaksi

Nusantara, nama ibu kota baru Indonesia di Kalimantan Timur
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

JAKARTA, SURYAKEPRI.COM – Media internasional menyoroti langkah pemerintah menjadikan Nusantara sebagai nama ibu kota baru Indonesia di Kalimantan Timur. Nusantara merupakan nama yang dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari 80 opsi yang ada.

Sorotan terhadap Nusantara itu salah satunya datang dari CNN Internasional. ‘Indonesia namai ibu kota baru, setujui perpindahan dari Jakarta’, begitu headline yang ditulis CNN Internasional.

“Indonesia telah menamai ibu kota barunya Nusantara, setelah anggota parlemen menyetujui perpindahan dari Jakarta ke Kalimantan-daerah yang tertutup hutan di timur pulau Kalimantan,” tulis CNN Internasional mengawali laporannya, dikutip detikcom pada Rabu (19/1/2022).

Baca juga: 

Sorotan juga datang dari media asal Inggris, The Guardian. The Guardian menyorot Nusantara dalam artikel berjudul ‘Indonesia menamakan ibu kota barunya Nusantara, menggantikan Jakarta yang tenggelam’.

Dalam artikelnya, The Guardian turut menuliskan perpindahan ibu kota ini dengan harapan beban Jakarta sebagai kota berpenduduk 10 juta jiwa yang terkenal macet, sering dilanda banjir, dan merupakan salah satu kota yang paling cepat tenggelam di dunia akibat pengambilan air tanah yang berlebihan, dapat berkurang.

“Sebagian wilayah Jakarta Utara mengalami penurunan sekitar 25 cm per tahun, karena penurunan tanah-termasuk bahkan tembok laut yang dirancang sebagai penyangga bagi masyarakat,” tulis The Guardian.

Sorotan juga datang dari media asal Amerika Serikat (AS), The Washington Post; Bloomberg; kantor berita Arab Saudi, Al Arabiya; lembaga penyiaran Jerman, Deutsche Welle (DW); media asal Jepang, Nikkei Asia; hingga koran asal Singapura, The Straits Times.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.