Ciri-ciri Orang Cerdas yang Bisa Dikenali Tanpa Tes IQ

Editor: Redaksi

Business man hand change wooden cube block from IQ to EQ, balance between intelligence quotient and emotional intelligence concepts
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Sebagian besar orang masih mengira bahwa kecerdasan seseorang hanya bisa diukur melalui skor IQ atau tes kecerdasan lainnya. Namun, pada kenyataannya, aspek yang menandakan kecerdasan seseorang tidak terbatas pada itu saja.

Kecerdasan bisa dalam berbagai bentuk, termasuk kecerdasan spiritual, musikal, interpersonal hingga verbal. Untuk mengetahui ciri-cirinya, Anda hanya perlu mengenali beberapa hal yang bisa dengan mudah dikenali. Dilansir dari laman weforum.org, berikut ciri-ciri orang cerdas yang bisa Anda kenali:

1. Mudah Beradaptasi

Orang yang cerdas akan bersifat fleksibel dan mampu berkembang dalam situasi apapun. Mereka bisa membuat dirinya merasa nyaman pada lingkungan baru yang membuatnya harus memperkenalkan diri. Tak hanya itu, orang cerdas tidak terlalu mempedulikan kerumitan dan batasan-batasan yang mengganggu mereka.

2. Tidak Malu Mengatakan Tidak Tahu

Biasanya, orang yang pintar diidentikkan dengan pengetahuan luas dan serba tahu. Itu akan membuat orang-orang di sekitarnya menganggap bahwa mereka pintar. Namun, faktanya orang cerdas justru tidak malu untuk mengatakan bahwa mereka tidak mengerti dan tidak tahu. Hal itu karena dengan mereka mengatakan tidak tahu, maka mereka akan mempelajarinya. Orang cerdas tidak menyukai hal-hal yang manipulatif.

3. Mampu Mengajukan Pertanyaan yang Menggugah

Orang cerdas tahu bahwa memberikan pertanyaan yang bagus mampu menggugah jawaban yang menarik dan timbul diskusi baru. Umumnya, orang cerdas akan menghindari pertanyaan-pertanyaan biasa dan umum yang sering diajukan temannya yang lain. Hal itu karena mereka sudah tidak membutuhkan jawaban yang monoton dan tidak maju.

4. Berpikiran Terbuka

Mau menerima pandangan dan pendapat orang lain tanpa menyanggahnya adalah karakteristik dari orang cerdas. Mereka juga menyukai beragam solusi alternatif yang tidak berpaku pada satu nilai dan kepercayaan saja. Orang yang cerdas selalu terbuka dengan ide-ide baru yang memungkinkan adanya peluang menguntungkan bagi mereka.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.