Minum Air Banyak Sebelum Tidur Mempengaruhi Kualitas Tidur, Berikut Penjelasannya

Editor: Redaksi

Air putih adalah minuman terbaik untuk dehidrasi. (Foto: iStockphoto/fizkes)
Air putih adalah minuman terbaik untuk dehidrasi. (Foto: iStockphoto/fizkes)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Orang sering menyimpan air di samping tempat tidur untuk berjaga-jaga jika merasa haus tengah malam. Tapi ternyata minum terlalu banyak air sebelum tidur bisa mempengaruhi kualitas tidur. Mengapa?

Psikolog berlisensi dan dokter perilaku tidur Shelby Harris, mengatakan bahwa tidak cukup hidrasi dapat mengganggu kualitas istirahat. Sebuah studi 2019 menemukan bahwa orang dewasa yang memiliki durasi tidur pendek (enam jam atau kurang) memiliki tingkat hidrasi yang tidak memadai.

Sebaliknya, minum terlalu banyak juga dapat menyebabkan tidur terganggu. Alasannya, saat kebanyakan minum, kandung kemih akan penuh sehingga harus berkali-kali bangun untuk ke kamar mandi.

Baca juga: 

Jadi, berapa banyak batas minum sebelum tidur dan kapan terakhir? Setiap orang memiliki batas yang berbeda. Tapi, Harris menyarankan untuk memenuhi cairan di siang hari agar tak terlalu banyak minum di malam hari.

“Sebagian orang tidak cukup minum di siang hari, jadi ketika malam hari, mereka sangat haus,” katanya.

Akibatnya, banyak orang banyak minum hingga menjelang tidur yang menyebabkan sering buang air kecil tengah malam.

Untuk malam hari, ahli urologi Vannita Simma-Chiang merekomendasikan untuk minum air  terakhir hari itu tiga hingga empat jam sebelum tidur.

Tapi ini bukan berarti tidak boleh minum lagi. “Tidak apa-apa, tetapi cobalah untuk membatasi [air] hingga maksimal 8 ons (sekitar 230 mililiter),” katanya.

Sekali lagi, selalu lebih memprioritaskan hidrasi yang cukup sepanjang hari.

“Saya menyarankan semua orang minum di pagi hari jika memiliki tidur malam yang sulit. Mulailah hari dengan segelas besar air putih,” kata Harris. (*)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.