Sosok Pangdam Siliwangi, Mayor Jenderal Kunto Arief Wibowo Putra Mantan Wakil Presiden RI ke-6 Try Sutrisno

Editor: Redaksi

Kunto Arief Wibowo. dok.TNI
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Pucuk pimpinan Komando Daerah Siliwangi kembali berganti. Merujuk pada Surat Keputusan Panglima TNI Andika Perkasa per Sabtu, 21 Januari 2022, jabatan Pangdam Siliwangi akan ditempati oleh Mayor Jenderal Kunto Arief Wibowo.

Kunto akan menggantikan posisi Mayor Jenderal Agus Subiyanto yang dipindah menjadi Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad). Sebelumnya, Kunto menjabat Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 3 Kostrad.

Ia sebenarnya bukan nama baru di tempat barunya. Lulusan Akademi Militer tahun 1992 itu pernah menjabat Kepala Staf Kodam Siliwangi pada April 2020 hingga Juni 2021. Selain itu, ia juga tercatat pernah dua tahun menduduki kursi Komandan Korem Wirabraja.

Baca juga: 

Selama menjabat Danrem Wirabraja ini, Kunto naik pangkat menjadi Brigadir Jenderal pada 2019. Dalam waktu dua tahun, ia naik lagi menjadi Mayor Jenderal saat menduduki jabatan Pangdivif-3 Kostrad.

Pria kelahiran Malang, Jawa Timur, 15 Maret 1971 itu juga dikenal berasal dari keluarga aparat pemerintah. Ayahnya adalah Jenderal Purnawirawan Try Sutrisno, mantan Panglima ABRI dan Wakil Presiden Indonesia ke-6. Kakak kandung Kunto adalah Inspektur Jenderal Firman Santyabudi, yang saat ini menjabat Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Mabes Polri.

Selain itu, Pangdam Siliwangi Kunto Arief juga merupakan adik ipar dari eks Menteri Pertahanan dan eks KSAD, Jenderal Purnawirawan Ryamizard Ryacudu.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.