Sejumlah Tradisi Unik Saat Perayaan Imlek, Ada Kue Keranjang dan Bagi-bagi Angpao Lho

Editor: Redaksi

Lampu lentera gantung perayaan Imlek. (Foto: Pixibay)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Pergantian tahun dalam kalender Cina sering kali menjadi momentum yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian besar orang. Tepatnya tahun baru Imlek jatuh pada tanggal 1 Febuari 2022 mendatang.

Berbicara tentang tahun baru Imlek atau tahun baru cina yang tinggal menghitung hari ini juga menjadi saat yang ditunggu oleh masyarakat Tionghoa.

Dirangkum melalui Wikipedia, kata “Imlek” sendiri diucapkan dari nama tahun baru Tiongkok yang sebenarnya. Kata ini diambil dari Bahasa Hokien dan hanya diketahui dan digunakan oleh orang Indonesia.

Di luar, perayaan ini lebih dikenal dengan nama Tahun Baru Imlek untuk orang-orang barat, sedangkan orang Tiongkok menamainya “Guo Nian” atau “Xin Jia” yang artinya lewat bulan atau bulan baru.

Baca juga: 

Hari raya Imlek sendiri telah ada sejak 4.000 tahun yang lalu dan seiring dengan berkembangnya zaman maka terbentuklah beberapa tradisi-tradisi yang akhirnya menjadi tradisi turun menurun dan wajib dijalani dalam setiap perayaan Imlek.

Lalu apa saja tradisi-tradisi unik yang ada saat perayaan Imlek berlangsung? Beginilah rangkuman tradisi unik yang bisa kamu lakukan:

1. Bersih-bersih Rumah

Dalam kepercayaan masyarakat Tionghoa membersihkan rumah berarti membuang segala keburukan yang menghalangi datangnya keberuntungan.

Tradisi bersih-bersih ini biasanya dilakukan oleh masyarakat Tionghoa satu hari menjelang Imlek, karena dipercaya jika membersihkan rumah pada saat Imlek akan membuang keberuntungan di tahun tersebut.

2. Dekorasi Rumah

Selain dibersihkan, mendekorasi rumah juga menjadi hal yang dilakukan menjelang Imlek. Pintu dan jendela di cat ulang, serta ditempeli kertas yang bertuliskan kalimat atau kata-kata baik.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.