Saturday, July 20, 2024
HomeSportSepakbolaChelsea Tim Liga Primer Inggris Pertama Dipimpin Wasit Robot

Chelsea Tim Liga Primer Inggris Pertama Dipimpin Wasit Robot

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Chelsea akan menjadi tim Liga Primer Inggris pertama yang menjajal “wasit robot” pada gelaran Piala Dunia Antarklub yang akan dilaksanakan di Abu Dhabi (9/2/2022) nanti. Teknologi baru itu disebut bisa mengambil keputusan perkara offside secara otomatis dalam setengah detik.

Pasukan Thomas Tuchel akan terbang ke Uni Emirat Arab berkat kemenangan mereka di Liga Champions Eropa musim lalu, sehingga bisa turut mencicipi inovasi terbaru di kancah sepakbola level tertinggi. The Blues mengincar status juara di kompetisi internasional itu untuk pertama kalinya, setelah sebelumnya dikalahkan Corinthians di final edisi 2012.

Melansir laporan dari laman football.london (3/2/2022), ‘wasit robot’ tersebut merupakan sistem pelacak anggota tubuh. Ia mengandalkan kamera khusus yang dipasang di atap stadion, dan menciptakan animasi kerangka pemain melalui 29 titik data, sehingga bisa mempercepat keputusan wasit dalam perkara offside tipis.

.Baca : Timnas Brasil Pecah Rekor Usai Bantai Paraguay di Kualifikasi Piala Dunia 2022

.Baca : Istri Pesepakbola Paraguay Tewas Ditembak di Festival Musik

Video Assistan Referee atau VAR akan mendapatkan notifikasi instan soal apakah teknologi tersebut menentukan seorang pemain onside atau offside, yang selanjutnya akan ditembuskan kepada pengadil utama di lapangan.

“Kami amat yakin bahwa akses ke sumber data baru ini bisa memberikan impak positif ke sepakbola dengan mengoptimalkan proses pengambilan keputusan dan meningkatkan objektivitas,” ujar Johannes Holzmuller, direktur teknologi dan inovasi sepakbola FIFA dikutip dari laman resmi FIFA (3/2/2022).

“Namun, kita baru berada di awal perkembangannya dan berbagai kasus penggunaan masih harus diuji secara menyeluruh untuk menilai kecakapannya, dengan tujuan untuk segera mengimplementasikannya.”

Chelsea bakal menjadi tim Liga Primer pertama yang menjajal teknologi ini, dengan ‘wasit robot’ sudah menjalani trial dengan sukses di kompetisi Piala Arab akhir tahun lalu.

FIFA berharap bisa mengimplementasikan ‘wasit robot’ sepenuhnya di Piala Dunia 2022 November nanti.

Dalam laporan itu, FIFA berkata teknologi ini memliki potensi untuk memberikan wawasan baru bagi pelatih, staf medis dan fans dan memungkinkan staf kepelatihan untuk menganalisis laga dari sudut pandang pemain tertentu di lapangan, meneliti momen pembeda pertandingan dari sudut yang sempurna.

Chelsea langsung memasuki babak semi-final Piala Dunia Antarklub, dan bakal menghadapi salah satu dari Al-Hilal, Al-Jazira, atau Pirae pada 9 Februari 2022 mendatang, sebelum melakoni laga final atau perebutan tempat ketiga tiga hari kemudian.(*)

.Baca : 4 RAMALAN ZODIAK Ini Dikenal Suka Memanfaatkan Kebaikan Orang Lain, Termasuk Pisces

.Baca : RAMALAN ZODIAK BESOK KAMIS 3 FEBRUARI 2022: Aries visi yang sangat jelas, Leo Evaluasi Ulang Prinsipmu, Libra Terbuka untuk Teman Dekat, Capricorn Suasana Hati yang Percaya, Pisces Mengesankan Orang-orang di Sekitarmu

.Baca : Ramalan Shio Ayam di Tahun Macan Air 2022

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER