Kepolisan Berhasil Gagalkan Penyelundupan 106 PMI Ilegal Tujuan Malaysia di Sumut

Editor : Sudianto Pane

Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

Calon PMI illegal yang diamankan ini tidak hanya berasal dari Sumut, mereka juga berasal dari Aceh, beberapa daerah di Pulau Jawa hingga Nusa Tenggara Barat. Kini Polres Tanjungbalai tengah melakukan koordinasi bersama dengan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) untuk pemulangan ke daerah asal.

Pengamanan PMI ilegal yang akan berangkat di wilayah perairan Asahan melalui jalur laut dan illegal bukan kali pertama terjadi. Sepanjang bulan Januari hingga saat ini sudah 3 kasus pengungkapan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dengan modus PMI Ilegal digagalkan di wilayah Asahan dan Tanjungbalai. Berikut catatan pengungkapannya:

1. Tanggal 6 Januari 2022 : Operasi gabungan TNI AL Lanal Tanjungbalai Asahan (TBA) dan Satpolair Polres Asahan menggagalkan keberangkatan 52 PMI illegal menuju Malaysia. Diamankan 3 orang tersangka masing masing pemilik kapal, ABK dan penghubung.

2. Tanggal 19 Januari 2022: Tim Fleet 1Quick Respon (F1QR) Pangkalan TNI AL TBA mengamankan 17 orang PMI illegal yang akan melakukan perjalanan dari Malaysia ke Indonesia. Diamankan 3 orang nelayan.

3.Tanggal 2 Februari 2022 : Polres Tanjungbalai dan Direktorat Satpolair Polda Sumut mengamankan 106 PMI Ilegal yang akan melakukan perjalanan ke Malaysia. Diamankan 6 orang tersangka terdiri dari nahkoda kapal, penyedia logistik dan anak buah kapal (ABK).(*)

 

Sumber:detikcom

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.