Puluhan Mahasiswa di Aceh Kembalikan Beasiswa Karena Berpotensi jadi Tersangka

Editor : Sudianto Pane

Posko pengembalian dana beasiswa di Polda Aceh. (Dok. Polda Aceh)
Posko pengembalian dana beasiswa di Polda Aceh. (Dok. Polda Aceh)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Mahasiswa penerima beasiswa Pemerintah Aceh yang tidak mencukupi syarat mulai mengembalikan dana yang diterima. Pengembalian dilakukan setelah polisi menyatakan mereka berpotensi menjadi tersangka.

“Hingga kemarin sudah ada 38 orang mahasiswa telah mengembalikan beasiswa yang terlanjur diterima dengan total pengembalian uang Rp254 juta,” kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Winardy kepada wartawan, Sabtu (19/2/2022).

Winardy mengatakan Ditreskrimsus Polda Aceh telah membuka posko pengembalian dana bantuan pendidikan masyarakat Aceh tahun 2017. Lokasi posko terletak di Kantor Subdit Tipidkor Ditreskrimsus Polda Aceh.

.Baca : Sebanyak 419 Ribu Orang Teken Petisi Tolak JHT Cair Usia 56 Tahun

.Baca : Hotman Paris Beri Respon Menohok Terkait Aturan JHT yang Cair di Usia 56 Tahun

Dana yang beasiswa yang diminta dikembalikan yakni beasiswa D3, D4, S1, S2, dokter spesialis, dan S3 dalam negeri. Uang yang dikembalikan itu bakal disetor ke kas negara.

“Selain itu, pengembalian kerugian negara tersebut juga berasal dari korlap beasiswa sebesar Rp 192.200.000. Sehingga total pengembalian kerugian negara dari kasus tersebut adalah Rp 446.645.000,” jelas Winardy.

Winardy mengapresiasi mahasiswa yang telah mengembalikan beasiswa tersebut. Dia meminta mahasiswa yang belum mengembalikan untuk segera datang ke posko Ditreskrimsus.

“Penanganan kasus dugaan korupsi beasiswa Aceh tahun 2017 yang saat ini masih terus berproses dan tinggal menunggu peningkatan status dari para pelaku utama melalui gelar perkara dalam waktu dekat,” ujarnya.

Minta Dana Dikembalikan

Winardy sebelumnya mengatakan kasus dugaan korupsi beasiswa yang ditangani Ditreskrimsus Polda Aceh itu telah dua kali disupervisi Bareskrim Polri dan KPK. Berdasarkan hasil diskusi materi perkara disepakati mahasiswa yang menerima beasiswa tapi tidak memenuhi syarat termasuk perbuatan melawan hukum.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.