BMKG Sebut Lebih dari 160 Kali Gempa Susulan Pasaman Barat, yang Terasa 6 Kali

Editor : Sudianto Pane

Ilustrasi Gempa
Ilustrasi Gempa
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Gempa berkekuatan magnitudo 6,2 mengguncang Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), pada pekan lalu. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan ada lebih dari 160 kali gempa susulan setelah gempa utama di Pasaman Barat.

“Bahwa sampai hari ini kekuatan gempa makin lemah, sudah terekam lebih dari 160 kali gempa-gempa sejak hari pertama,” ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam jumpa pers virtual, Selasa (1/3/2022).

Dwikorita menjelaskan, dari 160 kali gempa susulan itu, guncangan yang terasa di Pasaman Barat hanya enam kali. Dwikorita mengungkapkan kekuatan ratusan gempa susulan lainnya lemah.

.Baca : Penyebab Gempa Magnitudo 6,2 Pasaman Barat Menurut BMKG

.Baca : Gempa Magnitudo 6,2 Guncang Pasaman Barat

“Namun yang terasa hanya enam kali. Artinya, yang ratusan kali itu tidak terasa karena terlalu lemahnya, nggak terasa,” tuturnya.

Untuk itu, Dwikorita mengimbau warga Pasaman Barat agar kembali ke rumah masing-masing karena gempa susulan yang terjadi tidak membahayakan. Dia menyebut hal itu juga dilakukan demi mencegah penyebaran COVID-19 di tenda pengungsi.

“Sehingga di hari ketiga kami sampaikan ke pemda dan pengungsi bahwa persoalan gempa tidak perlu khawatir lagi, karena gempa makin lemah walau ada susulan sekali sehari. Tapi itu kekuatannya tidak membahayakan,” jelas Dwikorita.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.