Pernyataan Peraih Hadiah Nobel Perdamaian: Sekarang Waktunya Bertindak

ilustrasi: Petr Sarukhanov / Novaya Gazeta
ilustrasi: Petr Sarukhanov / Novaya Gazeta
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Saat ini, kita melihat ketegangan nuklir meningkat ke tingkat yang paling mengancam yang terlihat di zaman modern. Vladimir Putin telah membuat ancaman untuk meluncurkan serangan nuklir dan meningkatkan kewaspadaan mobilisasi nuklir ofensif dan defensif ke level tertinggi sejak pembubaran Uni Soviet.

Dia telah bergabung dengan diktator lain, Alexander Lukashenko di Belarus, untuk menyerang Ukraina yang melanggar hukum internasional, termasuk Piagam PBB, dan membuka jalan bagi Belarus untuk menjadi tuan rumah senjata nuklir Rusia.

Sebagai penerima Hadiah Nobel Perdamaian 2017 dan 2021, kami memperingatkan tentang risiko yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap perdamaian dan keamanan internasional yang ditimbulkan oleh ancaman senjata nuklir, dan ancaman mendesak yang diciptakan oleh tindakan dan retorika Putin yang sembrono.

BACA JUGA:

Nasib umat manusia saat ini bertumpu pada rasionalitas beberapa pemimpin yang mengendalikan hampir 13.000 senjata nuklir, kekuatan mengerikan yang cukup kuat untuk menghancurkan bumi berkali-kali.

Penggunaan satu senjata nuklir saja bisa membunuh dan melukai ratusan ribu bahkan jutaan warga sipil dan meracuni lingkungan dengan radiasi yang bertahan selama beberapa generasi.

Tidak ada respon kesehatan yang memadai untuk bencana ini. Itu sebabnya mayoritas negara di dunia mengadopsi perjanjian internasional pertama yang melarang senjata nuklir,

Perjanjian Pelarangan Senjata Nuklir (TPNW) di mana ICAN dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 2017.

Eskalasi nuklir Rusia belakangan ini telah membawa kita ke tingkat ancaman nuklir yang lebih berbahaya daripada yang telah kita saksikan sejak Krisis Rudal Kuba. Rusia harus mengambil langkah-langkah mendesak untuk meredakan situasi.

Secara khusus, Rusia harus:

  • membatalkan perintah hari Minggu untuk meningkatkan tingkat siaga kekuatan nuklir
  • menarik diri dari Ukraina dan kembali mematuhi Piagam PBB;
  • berkomitmen untuk tidak pernah menyebarkan senjata nuklir di Eropa;
  • bergabung dengan TPNW dan melenyapkan senjata nuklirnya.

Orang-orang di seluruh Rusia, di seluruh Eropa, dan di seluruh dunia berdiri di jalan-jalan menuntut diakhirinya perang ilegal dan tidak adil ini, menuntut suara mereka dimasukkan dalam percakapan tentang masa depan.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.