Sunday, May 19, 2024
HomeLainnyaInternasionalUni Eropa Larang 7 Bank Rusia Gunakan SWIFT, Bank Dunia Stop Semua...

Uni Eropa Larang 7 Bank Rusia Gunakan SWIFT, Bank Dunia Stop Semua Kegiatan di Rusia-Belarusia

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Sanksi untuk Rusia. Uni Eropa (UE) melarang tujuh bank Rusia dari sistem pesan Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT), meski masih membolehkan untuk pembayaran energi.

Bank terbesar kedua Rusia VTB, Bank Otkritie, Novikombank, Promsvyazbank, Bank Rossiya, Sovcombank dan VEB masing-masing akan diberikan waktu 10 hari untuk menghentikan operasi SWIFT mereka, kata Uni Eropa dalam jurnal resminya.

BACA JUGA:

SWIFT mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka akan memutuskan sambungan tujuh bank Rusia dari jaringan mereka pada 12 Maret 2022, seperti yang dipersyaratkan oleh peraturan UE.

Sementara itu, Bank Dunia segera menghentikan semua program di Rusia dan Belarusia  dengan segera, menyusul invasi Rusia ke Ukraina dan “permusuhan terhadap rakyat Ukraina”.

Dalam sebuah pernyataan, bank pembangunan multilateral mengatakan tidak menyetujui pinjaman atau investasi baru di Rusia sejak 2014, tahun ketika Rusia mencaplok wilayah Crimea di Ukraina.

Bank mengatakan belum menyetujui pinjaman baru ke Belarus sejak pertengahan 2020, ketika Amerika Serikat menjatuhkan sanksi pada negara itu atas pemilihan presiden yang disengketakan.(*)

Penulis: Eddy Mesakh | Sumber: Al Jazeera

Sanksi Ekonomi, Transaksi Keuangan, Bank Rusia, SWIFT, Bank Dunia, Rusia, Ukraina, Invasi Rusia, Rusia-Ukraina, Suryakepri.com 

 

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER