Tuesday, June 25, 2024
HomeBatamGenerasi Terbaru Honda HR-V Segera Meluncur

Generasi Terbaru Honda HR-V Segera Meluncur

Editor: Redaksi

spot_img

BATAM, SURYAKEPRI.COM – PT Honda Prospect Motor (HPM) sudah menghentikan produksi Honda HR-V lawas. Kini, Honda menyambut kehadiran HR-V generasi terbaru yang sudah meluncur lebih dulu di Jepang.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), produksi Honda HR-V lawas tercatat 0 unit. Begitu juga penjualan wholesales atau distribusi dari pabrik ke dealer Honda HR-V yang tercatat 0 unit.

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengkonfirmasi bahwa pihaknya sudah tidak memproduksi model lama Honda HR-V.

“HRV model lama sudah tidak kami produksi dan tidak kami Whole Sales-kan lagi ke distributor kami sejak awal Februari lalu,” kata Billy kepada detikcom, Senin (14/3/2022).

“Untuk konsumen yang ingin lakukan pemesanan model tersebut, bisa datang ke beberapa dealer kami yang masih mempunyai stock,” sebutnya.

Baca juga: 

Namun, saat ditanya soal model baru Honda HR-V, Billy tidak memberikan jawaban pastinya.

“Untuk peluncuran model barunya, kita tunggu waktu yang tepat ya,” katanya.

Memang, sinyal kehadiran Honda HR-V generasi terbaru sudah muncul sejak beberapa waktu lalu. Selain munculnya paten desain Honda HR-V dan Informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB), beredar pula di media sosial Honda HR-V sedang melakukan syuting di Jakarta.

Dari bocoran yang ada di NJKB Samsat Jakarta terlihat ada empat model Honda HR-V baru yang didaftarkan. Terdiri atas model E, S, SE, dan RS. Bahkan salah satunya menggunakan nama Honda HR-V 1.5T yang kemungkinan mengusung mesin turbo.

Generasi terbaru Honda HR-V atau di Jepang dijual dengan nama Vezel ini sudah meluncur sejak tahun lalu. Perubahannya sangat drastis terutama dari desain eksterior.

Dari bagian depan, tampang Honda HR-V lebih segar dengan grille baru horizontal ditambah grille honeycomb di bagian bawah. Garis di grille bagian atas mengalir sampai lampu utama di kiri dan kanan. Lampu depan Honda HR-V ini pun tampil lebih keren.

Sementara jika dilihat dari samping, garis desain HR-V terbaru juga lebih mewah. Tarikan garis dari kap mesin mengalir melewati handle pintu sampai ke lampu belakang. Kesan kekar ala mobil-mobil SUV juga digambarkan dengan over fender yang tegas, begitu juga skirt yang tebal menambah kesan gagah pada Honda HR-V.

Di bagian belakang, tampilannya pun lebih keren daripada pendahulunya. Lampu belakang mengalir secara horizontal yang dipisahkan dengan logo Honda. Garis atapnya pun mengalir seperti sebuah mobil coupe.

Di Jepang, Honda HR-V juga dibekali fitur Honda Sensing yang menggunakan kamera depan dengan sudut pandang lebar dan chip pemrosesan gambar berkecepatan tinggi. Di dalamnya terdapat fitur Adaptive Cruise Control (ACC) yang berevolusi dengan menyertakan fungsi pelacakan kemacetan. Selain itu, ada sistem collision mitigation braking (CMBS), off-road deviation suppression function, sign recognition function, serta lane keeping support system (LKAS). Ada pula tiga fungsi baru, antara lain rear false-start suppression function, short-range collision mitigation brake, dan auto high beam.

HR-V atau Vezel terbaru di Jepang ada versi mesin bensin 1.500 cc i-VTEC dengan double overhead cams bertenaga 118 PS pada 6.600 rpm dengan torsi maksimal 142 Nm pada 4.300 rpm. Mesin dikawinkan dengan transmisi CVT.

Ada juga versi e-HEV atau hybrid yang memiliki motor listrik bertenaga 131 PS dengan torsi maksimal 253 Nm. Motor listrik tersebut dikawinkan dengan mesin Atkinson-cycle 1.500 cc bertenaga 106 PS dengan torsi maksimal 127 Nm. Baterai lithium-ion Intelligent Power Unit (IPU) yang lebih besar mendukung tenaga untuk motor listriknya. (*)

Sumber: detik.com

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER