Polda DIY Berhasil Mengungkap Kasus Perdagangan Elang Brontok dan Landak Jawa

Penulis: Gaga Sallo/ Editor: Redaksi

Elang Brontok yang berhasil diamankan oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda DIY. Foto: Gaga Sallo
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

YOGYAKARTA, SURYAKEPRI.COM – Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda DIY berhasil mengamankan dan mengungkap kasus perdagangan satwa yang dilindungi yang berada dan digunakan oleh masyarakat di Yogyakarta.

Wadirkrimsusus Polda DIY, AKBP FX Endriadi SIK dalam jumpa pers di Kantor BKSDA Gunungkidul, Rabu (16/03/2022) mengatakan bahwa 5 pelaku berhasil diamankan beserta barang bukti satwa.

“Ia kelima tersangka ini kedapatan menyimpan, memelihara, bahkan memperjualbelikan satwa yang dilindungi, dan tersangka mendapatkan hewan itu dari media online,” ujar Endriadi.

Adapun tiga tersangka yang diketahui memperjualbelikan berinisial AP (32), FCW (16), dan FAW (25). FCW diketahui memperdagangkan sejumlah burung Nuri, dan FAW menjual satu ekor Elang Brontok melalui media sosial.

Baca juga: 

Sedangkan tersangka AP diketahui menjual satu ekor Trenggiling serta kulit sisik Trenggiling seberat 2,5 kilogram. Menurutnya, penjualan tersebut dilakukan secara online maupun offline, alias bertemu secara langsung.

“Ada dua tersangka lain yaitu ABS dan SHD kedapatan menyimpan satwa dilindungi jenis burung dan dijadikan bagian dari kebun binatang mini di Pakem, Sleman,” jelasnya.

Landak Jawa yang berhasil diamankan oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda DIY. Foto: Gaga Sallo

Menurutnya, kasus jualbeli satwa langka tersebut diketahui setelah pihaknya melakukan patroli cyber. Petugas kemudian mendapatkan akun yang menjual satwa dilindungi, petugas lalu bergerak cepat untuk meringkus tersangka.

Tersangka dan barang bukti hewan yang dijual pun diamankan setelah sebelumnya aparat melakukan transaksi. Sedangkan untuk perkara kebun binatang mini, Endriadi mengaku mendapat informasi dari masyarakat.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.