Presiden Jokowi Diundang Presiden Mesir Hadiri KTT Perubahan Iklim

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Delegasi Republik Arab Mesir di Istana Merdeka, Jumat (18/03/2022). Foto : BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Delegasi Republik Arab Mesir di Istana Merdeka, Jumat (18/03/2022). Foto : BPMI Setpres

JAKARTA, SURYAKEPRI.COM – Presiden Joko Widodo diundang Presiden Mesir, Abdel Fattah El-Sisi untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim atau COP27 di Mesir.

Undangan tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (18/3/2022).

“Di dalam pertemuan tadi, Menteri Luar Negeri Mesir menyampaikan surat undangan dari Presiden El-Sisi kepada Bapak Presiden untuk hadir di dalam pertemuan COP27 yang akan dilakukan di Mesir pada bulan November tahun ini,” ungkap Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi dalam keterangannya usai mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut.

BACA JUGA:

Diungkapkan Retno, dalam pembicaraan tersebut Presiden Jokowi dan delegasi Mesir juga membahas sejumlah hal, antara lain upaya untuk meningkatkan kerja sama ekonomi, termasuk perdagangan dan investasi.

Kerja sama di bidang perdagangan pun demikian, di mana di tengah pandemi pun, tahun lalu perdagangan kedua negara mengalami kenaikan 57.6 persen sehingga mencapai USD1.86 miliar.

“Dengan tren yang makin naik ini, kita optimistis bahwa ke depan kita akan terus dapat meningkatkan kerja sama perdagangan dan tadi Bapak Presiden juga menyampaikan pentingnya kedua belah pihak untuk terus bekerja bersama meningkatkan investasi di kedua negara,” tambah Retno.

Di samping itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan mengenai masalah kerja sama di bidang pendidikan. Kepada pemerintah Mesir, Presiden Jokowi menitipkan mahasiswa Indonesia yang belajar di Mesir jumlahnya sangat banyak.

“Bapak Presiden secara khusus juga menyampaikan permintaan untuk akses yang lebih luas, termasuk untuk bidang pelayanan kesehatan bagi para mahasiswa kita,” lanjut Retno.