KPU Komitmen Pemilu 2024 Sesuai Konstitusi

Editor : Sudianto Pane

Komisioner KPU Ilham Saputra (Dwi Andayani/detikcom)
Komisioner KPU Ilham Saputra (Dwi Andayani/detikcom)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra berbicara soal penundaan Pemilu 2024. Ilham menegaskan pihaknya tetap berkomitmen menyelenggarakan pemilu 2024.

“KPU RI 2017-2022 terus akan berkomitmen menyelenggarakan Pemilu 2024 sesuai konstitusi dan peraturan perundangan yang ada. KPU akan bekerja untuk menyukseskan Pemilu 2024,” kata Ilham kepada wartawan di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa (22/3/2022).

Ilham memastikan tidak ada lagi isu penundaan pemilu. Dia juga mengatakan KPU sudah mengeluarkan surat keputusan terkait Pemilu 2024.

.Baca : Mahfud MD: Pemilu dan Pilkada Tetap Diselenggarakan Serentak Tahun 2024 

.Baca : PDIP-Demokrat Satu Suara Kritik Keras Luhut soal Tunda Pemilu

“Jadi gak ada lagi isu itu dan KPU gak masuk dalam ranah itu. KPU itu penyelenggara. KPU ini melaksanakan undang-undang dan KPU sudah mengeluarkan SK 21/2022 Pemilu 2024,” ujar Ilham.

“Hari ini kami juga sudah tanda tangan suratnya kepada pemerintah, DPR RI untuk melanjutkan pembahasan bersama KPU agar nanti diserahkan dan menjadi dasar perhitungan anggaran,” tambahnya.

Sebelumnya, pemerintah memberikan jawaban terbaru soal wacana penundaan pemilu. Menko Polhukam Mahfud Md menegaskan pemerintah tetap fokus menyiapkan pelaksanaan Pemilu 2024.

“Jadi pemerintah tetap menyiapkan jadwal 2024 untuk Pemilu Presiden dan Wapres, serta legislatif dan Pilkada serentak. Urusan parpol di DPR silakan lah. Kita akan bekerja secara profesional sesuai dengan tugas dan fungsinya,” kata Mahfud Md saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sampang, Jawa Timur, Minggu (20/3/2022).

Mahfud lalu menjelaskan soal beredarnya undangan acara yang berisi agenda soal pembahasan pemunduran pemilu yang rencananya dilakukan di Balikpapan, Senin (21/3). Acara itu turut mengundang KPU dan Bawaslu Kota Balikpapan.

Mahfud mengatakan agenda tersebut dibatalkan. Acara itu batal lantaran memunculkan isu liar bahwa Kemenko Polhukam mengagendakan wacana penundaan pemilu.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.