Singkirkan Australia, Jepang Lolos ke Piala Dunia 2022 

Selebrasi gol pemain timnas Jepang, Karou Mamota pada babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Australia Stadium, Sydney, Kamis (24/3/2022). (Foto: AFC Asian Cup)
Selebrasi gol pemain timnas Jepang, Karou Mamota pada babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Australia Stadium, Sydney, Kamis (24/3/2022). (Foto: AFC Asian Cup)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SYDNEY, SURYAKEPRI.COM – Tim Nasional Jepang memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia Qatar 2022 usai mengalahkan Timnas Australia dengan skor 2-0 pada babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Australia Stadium, Sydney, Kamis (24/3/2022).

Dua gol kemenangan Jepang atas Australia lahir dari upaya pemain pengganti Kaoru Mitoma yang dicetak pada menit 89 dan 90+4.

Dengan hasil ini, Jepang memuncaki klasemen Grup B babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia lantaran mengoleksi 21 poin. Posisi mereka tidak mungkin disalip oleh Australia yang ada di urutan ketiga dengan 15 poin dan hanya menyisakan satu pertandingan.

BACA JUGA:

Kemenangan ini juga memastikan Jepang lolos ke putaran final Piala Dunia untuk ketujuh kalinya secara beruntun, sedangkan Australia harus melalui dahulu babak play-off untuk bisa mengamankan satu tempat di Qatar.

Timnas Jepang langsung memegang kendali jalannya permainan sejak awal pertandingan di babak pertama. Tim asuhan Hajime Moriyasu mengandalkan serangan dari sisi sayap yang cepat.

Hasilnya, Samurai Biru berhasil melesatkan empat tendangan langsung yang mengancam gawang Mathew Ryan. Namun, belum ada gol yang tercipta untuk Jepang hingga pertandingan memasuki menit ke-20.

Sementara, Timnas Australia bukan tanpa perlawanan. Meski dalam tekanan, beberapa kali percobaan serangan dilakukan oleh Socceroos untuk melawan balik. Akan tetapi, serangan mereka selalu terputus di lini tengah.

Pada akhirnya, beberapa peluang yang tercipta untuk kedua tim di babak pertama tak mampu dimanfaatkan dengan baik. Babak pertama antara Timnas Jepang vs Australia berakhir imbang 0-0.

Usai turun minum, Timnas Jepang kembali menunjukkan dominasinya di awal paruh kedua. Samurai Biru terpantau unggul dari segi penguasaan bola. Hal ini membuat Socceroos semakin tertekan.

Meski demikian, beberapa ancaman Timnas Jepang berhasil dihalau dengan baik oleh Australia. Memasuki menit ke-80, gelombang serangan Timnas Jepang semakin massif menggedor pertahanan Australia.

Akan tetapi, solidnya lini pertahanan Australia membuat Takumi Minamino dan kolega garuk-garuk kepala. Hajime Moriyasu mengganti Minamino dengan Kaoru Mitoma untuk mempertajam lini depan.

Strategi ini pun berhasil, Mitoma (89’) akhirnya memecah kebuntuan usai menerima umpan matang Miki Yamane. Seusai gol tersebut, Samurai Biru semakin percaya diri untuk melakukan serangan.

Hasilnya manis, Mitoma (90+4’) berhasil menggandakan keunggulan Timnas Jepang. Pada akhirnya, Timnas Jepang berhasil mengatasi perlawanan Australia dengan skor 2-0.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.